Selasa, 13 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

KPU Bojonegoro Jaring Parpol Baru

Editor: samian
Senin, 02 Oktober 2017
Ririn Wedia
SOSIALISASI : KPU Bojonegoro saat mensosialisasikan pendaftaran, penelitian, dan verifikasi Parpol pada Pemilu 2019.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Tinur, melakukan sosialisasi Pendaftaran, Penelitian dan Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 di salah satu hotel di Bojonegoro, Senin (2/10/207).

Dalam acara tersebut KPU Bojonegoro juga menjaring Parpol baru selain 12 partai politik (parpol) yang sudah menjadi peserta pemilu tahun 2014 lalu.

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro M. Abdim Munib mengatakan, dari hasil sosialisasi tersebut, ada enam partai baru di Kabupaten Bojonegoro yakni Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Berkarya, Partai Islam Damai Aman (Idaman), dan Partai Sosial Indonesia (PSI).

"Memang undangannya terbuka. Karena kita juga belum tahu perkembangan jumlah partai politik di Bojonegoro. Makanya ini juga salah satu bentuk penjaringan partai baru calon peserta pemilu 2019," ujarnya.

Sosialisasi tersebut tindak lanjut peraturan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Syarat parpol ikut Pemilu, diantaranya menyerahkan salinan KTA, KTP elektronik atau surat keterangan paling sedikit 1.000 orang anggota, atau sepersiribu dari jumlah penduduk di Kabupaten Bojonegoro dan daftar nama dan alamat anggota parpol.

Setelah itu, pihak KPU akan melakukan verifikasi administrasi terhadap dokumen yang tertulis, baru kemudian melakukan verifikasi faktual terhadap pengurusan, domisili kantor, keterwakilan perempuan 30 persen, dan verifikasi keabsahan faktual keanggotaan.

"Ini berlaku bagi semua parpol, baik 12 parpol yang sudah ikut dalam pemilu sebelumnya maupun yang baru," jelasnya.

Sesuai dengan jadwal, KPU Kabupaten Bojonegoro akan membuka pendaftaran Pemilu pada tanggal 3 hingga 16 Oktober 2017.(rien)

 

 

Dibaca : 305x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan