Jum'at, 22 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Kurang Pengetahuan Bersikat Gigi

Editor: nugroho
Kamis, 15 Desember 2011
mudy
dr. Thomas Djaja memeriksa gigi siswa Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Bi’rul Huda, Desa Talok, Kecamatan Kalitidu.

SuaraBanyuurip.com - Ali Mahmudy

 

Masih minimnya pengetahuan melakukan sikat gigi yang baik dan benar menjadi salah satu faktor utama anak-anak mudah terserang sakit gigi. Demikian dikatakan Tomas Djaja, Dokter Gigi, usai memeriksa gigi siswa Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Bi’rul Huda, Desa Talok, Kecamatan Kalitidu, dalam employee volunteer program(EVP) yang diselanggarakan Society Education Centre(SEC) bersama Mobil Cepu Limitted(MCL), Rabu (14/12) kemarin.

Menurut Thomas, sebagian besar anak-anak melakukan sikat gigi dengan asal-asalan karena tidak mengetahui cara mensikat gigi yang benar. Hal itu dapat dilihat dari hasil pemeriksaan yang dilakukan banyak gigi anak-anak yang berlobang.

“Misalnya bersikat gigi setelah makan dan sebelum tidur agar tidak ada sisa makanan di gigi yang akhirnya memunculkan bakteri,” paparnya.

Karena itu, dia menghimbau kepada orang tua untuk mengajari anak-anaknya cara maupun waktu bersikat gigi yang benar dan tepat.   

“Sehingga gigi mereka akan terwat dan jarang terkena sakit gigi,” ujar Thomas.

Dalam pemeriksaan gigi gratis ini, dari 114 siswa terdapat 11 anak yang terpaksa giginya dicabut karena sudah rusak dan lobang.

Dari pantauan, para siswa TPQ Bi’rul Huda terlihat antusias dan riang gembira mengikuti pemeriksaan gigi gratis. Mereka mengantri untuk memperoleh giliran pemeriksaan.

”Kami sangat berterimakasih atas kegiatan yang dilaksanakan SEC bersama MCL. Sebab baru kali ini, sejak TPQ berdiri tahun 2008 lalu mendapatkan bantuan seperti ini,” sambung Ketua Yayasan, M.Ahsan.

Dia berharap, agar kedepannya MCL memberikan pelatihan kepada guru di TPQ Bi’rul Huda untuk meningkatkan pengetahuan.

Dibaca : 1285x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan