Rabu, 24 Oktober 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Lahan Bersengketa, Investasi KIT Mangkrak

Editor: samian
Rabu, 02 Mei 2018
Ali Imron
MANGKRAK : Lokasi KIT Tuban mencakup Desa Socorejo, Temaji, dan Karangasem, Kecamatan Jenu.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Hingga awal Mei 2018, Kawasan Industri Tuban (KIT) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yang dioperasikan oleh PT Kawasan Industri Gresik (KIG) belum beroperasi. Penyebabnya, diduga kuat masih adanya sengketa lahan milik masyarakat dan desa.

“Iya, masih ada Tanah Negara (TN) di KIT yang belum jelas,” ujar Tokoh Masyarakat Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Rohmad Hidayat, kepada suarabanyuurip.com, di sekitar KIT, Rabu (2/5/2018).

Rohmad sapaan akrabnya, menjelaskan, selain belum jelas status TN juga proses sertifikasi lahan belum jalan. Khususnya sengketa lahan masyarakat dan Tanah Kas Desa (TKD) Socorejo.

Informasi dari masyarakat, masih ada beberapa puluh bidang TN yang diduga dijual oknum masyarakat ke KIT pada tahun 2000-an dengan cara yang tidak benar. Praktik tersebut berdampak pada lambannya operasional KIT.

Terpisah, Kepala Desa Socorejo, Arif Rahman Hakim, membenarkan jika TKD Socorejo di KIT belum tuntas. Diharapkan PT KIG segera menyelesaikan persoalan itu, kemudian berlanjut ke yang lain.

“Kami harap KIT segera jalan tapi selesaikan dulu TKD,” pinta mantan aktivis PMII Jogja ini.

Masih adanya sengketa dibenarkan oleh Camat Jenu, Sugeng Winarno. Mantan Camat Merakurak ini, menjelaskan, hal krusial yang menjadi kendala KIT adalah batas tanah. Kemudian hal kedua adalah rencana pendirian perumahan sebanyak 400 unit.

“Belum clear semua lahan di KIT,” beber Sugeng.

Jika pusat industri Tuban ini beroperasi, Sugeng berharap bisa bersinergi dengan Pemerintah Desa Socorejo, Temaji, dan Karangasem melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Dikonfirmasi perihal sengketa lahan, Manager Teknik PT KIG, Tommy Amar, belum bisa menjelaskan detail. Sampai sekarang beberapa investor sudah mulai berkunjung ke KIT, untuk penjajakan kerjasama. Untuk berapa investor yang sudah teken di KIT, dia tidak pegang datanya.

“Manager Pemasaran KIT yang bawa datanya,” pungkasnya.(Aim)

Dibaca : 996x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan