Senin, 19 Agustus 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Lahan Pertanian Dikeringkan Saat Proses Perijinan Perumahan

Editor: rozaqy
Senin, 15 Juli 2019
Suarabanyuurip.com/Ahmad Sampurn
LAHAN PERTANIAN MENYUSUT : Kadisperta Blora Menyebut Lahan Pertanian Menyusut Akibat Banyak Pengembang

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno 

 

Blora - Kepala Dinas Pertanian Blora, Reni Miharti, mengungkapkan salah satu cara pengembang properti di Kabupaten Blora, Jawa Tengah adalah dengan mengeringkan lahan pertanian lebih dulu. 

"Sebelum dijadikan perumahan, terlebih dulu lahan pertanian itu dikeringkan. Sehingga saat proses perijinan pun lolos," kata dia belum lama ini.

Dia menceritakan,  saat dilakukan proses perijinan, Dinas Pertanian juga dilibatkan. Sehingga, lokasi lahan yang akan digunakan untuk perumahan ketika itu memang dalam keadaan kering. 

"Dan ternyata memang benar, lahan itu kering. Meskipun sebelumnya adalah lahan pertanian," tandasnya.

Dia menduga, cara tersebut sengaja dilakukan para pengembang perumahan agar perijinan dapat diperoleh. Namun disisi lain, ketersediaan lahan pertanian di Blora diperkirakan terus menyusut. Saat ini, lahan pertanian sudah banyak beralih menjadi permukiman penduduk dan sebagian dikuasai pengembangan.

Menurut dia, persoalan tersebut harus menjadi perhatian. Terutama dalam hal Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). 

"Harus dipastikan mana yang bisa untuk perumahan dan mana yang tidak boleh. Termasuk penetapan lokasi untuk pertanian produktif," kata dia saat berada di Cepu.

Mengenai berapa luas lahan pertanian yang mengalami penyusutan dia mengaku tidak hafal persis. Namun berdasarkan informasi yang diperoleh  sejumlah wilayah yang sebelumnya lahan pertanian dan menjadi area perumahan. Diantaranya, di wilayah Kecamatan Cepu, yaitu Kelurahan Balun, Kelurahan Tambakromo, sebagian Kelurahan Ngroto, Desa Kentong, serta Desa Cabean. Lalu sebagian masuk di wilayah administrasi Kecamatan Sambong. (ams).

Dibaca : 280x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan