Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Layanan Pengaduan Online Bojonegoro Raih Penghargaan Nasional

Editor: nugroho
Jum'at, 09 November 2018
Ist
MEMBANGGAKAN : Bupati Anna Muawanah di dampingi Kepala Kominfo, Kusnandaka Tjatur menunjukkan penghargaan dari Kemen PAN-RB.

SuaraBanyuurip.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendapat penghargaan 10 instansi terbaik (Top 10) pengelola pengaduan pelayanan publik tahun 2018 tingkat nasional. Penghargaan diserahkan Menteri PAN-RB, Syafruddin kepada Bupati Anna Muawanah di forum International Public Service (IPS) Forum Tahun 2018 di Jakarta Covention Center (JCC), Kamis (8/11/2018) sore. 

Kabupaten Bojonegoro dinobatkan sebagai lembaga (instansi) pengelola terbaik dalam pengelolaan layanan pengaduan masyarakat berbasis online melalui Sistem Pengaduan Pelayanan Pubik Nasional - Layanan Pengaduan Online Rakyat (SP4N - LAPOR).

Kompetisi kali pertama digelar ini bertujuan menjaring, mendokumentasikan, mendiseminasikan, dan mempromosikan pengelolaan pengaduan pelayanan publik sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. Kompetisi ini juga untuk memotivasi penyelenggara pelayanan publik untuk membangun pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang terintegrasi, partisipatif, dan dimanfaatkan untuk perbaikan berkelanjutan. 

"Ini menjadi spirit Bojonegoro untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," tegas Bupati Anna.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur menambahkan, aplikasi LAPOR di daerahnya mulai berjalan sejak Juni 2014.
Selama ini pengaduan masyarakat yang masuk selalu ditindaklanjuti, mulai hanya jawaban, juga berbagai tindakkan lainnya.

Sejak diberlakukannya aplikasi LAPOR tercatat 20 sampai 30 pengaduan yang masuk setiap harinya. Mulai permintaan informasi dan aspirasi. Pengaduan itu untuk pengaduan berbagai permasalahan 69 persen, permintaan informasi 20 persen dan aspirasi 11 persen.

"Yang paling banyak terkait infrastruktur, misalnya, jalan rusak, juga bangunan lainnya," jelas Kusnandaka yang ikut menghadiri penyerahan penghargaan di Jakarta.(rilis humas)

Berkut ini Lembaga/Instasi yang meraih penghargaan Top 10 Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional 2018 :

1. BPJS Kesehatan

2. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

3. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

4. Pemerintah Kab. Banyuwangi

5. Pemerintah Kab. Bojonegoro

6. Pemerintah Kota Bandung

7. Pemerintah Kota Cirebon

8. Pemerintah Kota Semarang

9. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

10. Pemerintah Provinsi D.I Yogyakarta

Dibaca : 307x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan