Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Lesbumi Gelar Sarung Soccer

Editor: samian
Jum'at, 10 November 2017
Ali Imron
SARUNG SOCCER TUBAN : Para santri antusias mengikuti lomba sepakbola sarung yang digelar Lesbumi Tuban.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Lembaga seniman budayawan muslimin Indonesia (Lesbumi) Tuban, Jawa Timur, hari Jumat (10/11/ siang menggelar Sarung Soccer di lapangan bola kompleks Gedung Olahraga Rangga (Gor) Jaya Anoraga Tuban. Kompetisi sepakbola menggunakan sarung tersebut, diramaikan 20 tim sepakbola dari sejumlah kecamatan di Bumi Wali (sebutan lain Tuban).

"Sarung Soccer digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) dan Hari Jadi Tuban ke 724," ujar ketua panitia Sarung Soccer, Muhaiminsah, kepada suarabanyuurip.com.

Gagasan tersebut sebenarnya berawal dari budaya pesantren. Dimana para santri terbiasa bermain diwaktu senggang, dengan tetap mengenakan khasnya sarung.

“Dalam suasana kompetisi tetap mengenakan sarung karena ini santri,” jelasnya.

Dijelaskan pula, kegiatan kali ini bakal berlangsung selama tiga hari. Puncaknya pada hari Minggu, sekaligus pemberian penghargaan bagi para pemenang kompetisi bola sarung.

“Ini sebagai ajang silaturahmi antar pelajar dan santri dari berbagai wilayah di Kabupaten Tuban,” terangnya.

Kompetisi yang dimulai hari ini, secara resmi dibuka Camat Tuban Erkhamni mewakili Bupati Tuban, Fathul Huda. Dia mengapresiasi panitia kegiatan yang memiliki gagasan cukup unik, dengan memadukan tiga unsur sekaligus. Mulai unsur budaya, olahraga dan unsur keagamaan.

“Sangat menarik karena ada tiga unsur sekaligus," sambung Erkhamni.

Diharapkan kegiatan positif tersebut menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pendidikan. Melalui kegiatan semacam itu, dapat menghindarkan remaja dari kegiatan negatif dan penyalahgunaan obat terlarang.

“Semoga muncul santri pesebak bola," harapnya.

Ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban, Mirza Ali Manshur, mengatakan, munculnya kegiatan tersebut menjadi bukti olahraga di Kabupaten Tuban semakin berkembang. Tidak hanya pelajar dan masyarakat umum yang menggemari sepakbola, namun juga para santri.

“Saya bangga karena santri juga semangat berolahraga,” sergahnya.

Bukan tidak mungin santri bisa menjadi perwakilan Kontingen Kabupaten Tuban, menuju ajang kejuaraan tingkat Provinsi. KONI bakal mendukung apabila ada santri yang serius dan bertalenta.

“Kalau memang potensinya ada tidak ada yang mustahil,” pungkasnya. (Aim)

Dibaca : 71x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan