Rabu, 20 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Lipat Surat Suara, Kerahkan 250 Orang

Editor: nugraha
Sabtu, 08 Maret 2014
SuaraBanyuurip.com/Totok
BORONGAN : Ratusan warga melakukan pelipatan surat suara pileg di GOR Lamongan

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan - Sebanyak 250 orang dilibatkan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUD) Lamongan, Jawa Timur dalam pelipatan surat suara pemilu legislatif.

Ketua KPUD Lamongan, Khoirul Huda ditemui suarabanyuurip.com, Jumat (7/3/2014), menjelaskan, pelipatan surat suara itu mulai dilaksanakan Rabu (5/3/2014). Sedangkan surat suara yang sudah selesai dilipat yaitu DPD, DPR RI, DPRD Propinsi.

"Dipastikan sabtu besuk selesai dan dilanjutkan dengan pelipatan surat suara DPRD. Senin depan proses pelipatan suara sudah tuntas," kata Huda.

Para pekerja pelipat suara berasal dari sekitar wilayah kota dan Kecamatan Lamongan. Mereka bekerja dengan sistem borongan dengan upah Rp75 per surat suara. Mereka bekerja dari pukul 07.00-16.00 WIB yang dipusatkan di Gedung GOR Lamongan.

Tentang kerusakan surat suara menurut Huda masing-masing surat suara kerusakannya dibawa 1 persen. Rinciannya, kerusakan surat suara DPR RI sebanyak 1147 atau 0,1 persen. Untuk DPRD propinsi yang rusak 290 surat suara atau 0,02 persen. Jumlah total setiap surat suara sesuai DPT 13.988 surat suara.

“Untuk kerusakan surat suara DPD dan DPRD laporannya belum masuk,“ papar lelaki berkaca minus tersebut. Kerusakan surat suara oleh KPUD Lamongan sudah dilaporkan ke KPUD propinsi.

Huda menjamin tidak ada pekerja pelipat suara yang nakalan dengan mencuri surat suara seperti yang pernah terjadi dikabupaten lain.  Setiap pekerja dibagi dalam 10-20 orang dengan satu koordinator. Selain itu KPUD Lamongan juga menerjunkan staf yang khusus melakukan pengawasan. Selama proses kegiatan pelipatan surat suara di luar dan di dalam gedung GOR juga dijaga personil gabungan dari polres, Kodim dan Satpol PP Lamongan.

“Karena proses pelipatan surat suara yang berjalan tertib, KPUD Jombang dan Tuban kemarin melakukan studi banding kesini,“ papar Huda.

Salah satu pekerja pelipat suara Sumi, mengaku, senang dengan pekerjaan musiman tersebut. Setiap harinya rata-rata dirinya bisa melipat 1100-1200 surat suara dan mendapatkan upah sekitar Rp90 ribu.

“Lumayan pak bisa buat beli elpiji," ujarnya. (tok)

Dibaca : 539x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan