Jum'at, 22 Juni 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Mahasiswa Imiki Belajar Jurnalisme Digital di Unirow

Editor: samian
Minggu, 21 Mei 2017
Ali Imron
DIKLAT : Puluhan mahasiswa Imiki antusias belajar jurnalisme digital di Unirow Tuban.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Selama dua hari puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (Imiki) belajar jurnalisme digital di Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Jawa Timur. Untuk mendalami materi, peserta diklat yang digelar Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himaikom) Unirow juga terjun ke lapangan untuk penggalian data.

"Jurnalisme digital menjadi materi penting dikuasai mahasiswa yang notabene jurusan ilmu komunikasi," ujar Ketua Umum Himaikom Unirow Tuban, Ainul Makhasin, kepada suarabanyuurip.com, Minggu (21/5/2017).

Melalui Diklat ini, diharapkan mampu mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa ilmu komunikasi seluruh indonesia. Khususnya di wilayah Surabaya, Madura, Sidoarjo dan Tuban.

Perbedaan taraf sosial yang ada, jangan menjadi penghalang keluarga besar mahasiswa ilmu komunikasi untuk bersahabat. Kegiatan ini juga sebagai bekal dasar mahasiswa komunikasi untuk mendapatkan pengetahuan tentang Imiki. 

"Imiki sendiri merupakan organisasi yang berjaringan seluruh Indonesia," imbuh mahasiswa semester enam di Unirow Tuban ini.

Diharapkan kehadiran peserta dari luar kota ini, bisa membawa dampak baik pada Tuban. Tak lupa semua peserta juga diajak untuk mengunjungi beberapa tempat wisata lokal 

‘’Untuk menambah keakraban kami mengajak ke pantai mangrove dan pantai cemara,’’ jelasnya.

Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani, sangat mengapresiasi kegiatan yang melibatkan 40 mahasiswa ilmu komunikasi lintas kampus. Sebagai mahasiswa sudah barang tentu harus menjalin kerja sama, dan hubungan yang baik dengan segenap elemen masyarakat. 

‘’Mahasiswa sudah sepantasnya harus bisa mengamalkan tiga falsafah hidup Ki Hajar Dewantara,’’ sambung dosen jurusan Biologi di Unirow Tuban.

Diklat yang digelar bertepatan dengan hari kebangkitan nasional (Harkitnas) ini, diharapkan mampu menjadi sebuah tonggak perubahan yang positif. Utamanya menjadi kebangkitan mahasiswa ilmu komunikasi.

Sebagaimana diketahui, jurnalisme digital merupakan jurnalisme yang dipraktikkan melalui media internet. Mulai pengumpulan (peliputan) fakta, cerita, dan penulisan laporan hingga distribusi informasi yang dilakukan melalui saluran internet.

Meskipun tidak ditemukan dalam Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan UU Pers Nomor 40 tahun 1999, tapi mengacu pada pengertian pers menurut UU Pers bahwa media digital merupakan media yang menggunakan saluran internet dalam kegiatan jurnalistik.

Dalam Peraturan Dewan Pers Nomor 1/Peraturan-DP/III/2012, media digital disebut dengan istilah media siber. Yakni segala bentuk media yang menggunakan wahana internet untuk melaksanakan kegiatan jurnalistik.

Peraturan ini juga dengan tegas menyatakan bahwa media siber harus memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers, dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers. Media seperti blog, forum-forum di internet, komentar pembaca atau pemirsa, masuk dalam kategori media siber.

Sementara, ruang lingkup konten (isi) media digital meliputi berita, opini, features, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan. Dengan demikian, konten atau kegiatan jurnalistik media siber kiranya dapat juga disebut jurnalisme siber.

Sebagaimana hakikat teknologi yang menjadi basisnya, jurnalisme digital akan terus berkembang sebagai bagian dari perkembangan ilmu teknologi dan komunikasi. (Aim)

Dibaca : 633x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan