Mahasiswa UGM Kunjungi Blok Cepu

Rabu, 30 Mei 2012, Dibaca : 2858 x Editor : nugroho

sam
Diskusi : Mahasiswa UGM di dampingi pejabat MCL sedang berdiskusi dengan pengelola KBSR.


SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro -Sebanyak 23 mahasiswa Jurusan Geologi Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta berkunjung ke lokasi project sumur minya Banyuurip, Blok Cepu, yang dioperatori Mobil Cepu Limited (MCL), Rabu (30/5/2012). Dalam kunjungannya, mereka melihat langsung kegiatan eksploitasi minyak dan keberhasilan program-program pengembangan masyarakat yang dilakukan MCL di sekitar pemboran. 

Baca Lainnya :

    Pantauan www.suarabanyuurip.com, sebelum melakukan kunjungan dilokasi project, pemuda-pemudi generasi bangsa itu singgah terlebih dulu di Kantor MCL di Desa Talok, Kecamatan Kalitidu, sekitar pukul 8.00 WIB. Setelah itu, dilanjutkan ke Well Pad A, lokasi eksploitasi minyak Banyuurip.

    Kemudian, kunjungan diteruskan keliling sekitar lokasi untuk melihat program yang telah berhasil dilakukan oleh MCL .Yakni program pembangunan infrastruktur sarana pendidikan, jalan dan terakir di lokasi Kandang Belajar Sapi Rakyat (KBSR) di Desa Brabowan, Kecamatan Ngasem, yang merupakan lokasi program pengembangkan ekonomi rakyat yang dilaksanakan bersama Swisscontact Indonesia.

    Baca Lainnya :

      Reifdha Saputra, salah satu mahasiswa UGM mengatakan, selama seharian keliling dilokasi project Banyuurip banyak kesan yang diperolehnya. Yakni, terkait sarana pendidikan dan jalan disekitar lokasi pemboran yang kondisinya bagus. Sedangkan, terkait dengan safety dilakosi project dia menilai juga sangat bagus.

      “Gedung sekolah disini (sekitar pembran) kondisinya sudah banyak yang baik. Termasuk infrastruktur jalan poros desa yang ada juga bagus (beraspal dan pavingisasi),” kata Reifdha Saputra.

      Reifdha Saputra berharap, kususnya bidang pendidikan untuk ditingkatkan. Agar Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat sektar pemboran migas nantinya mampu mengimbangi perkembangan jaman yang semakin meningkat.

      “Saya yakin dengan SDM warga yang mumpuni akan bisa mengikuti perkembangan jaman semodern apapun,” imbuhnya.

      Sementara itu, Feni Kurnia Indiharti, PGA Communications Advisor perwakilan dari MCL menyatakan, berbagai program infrastruktur dan ekonomi yang telah dilakukan MCL itu merupakan ikon utama semenjak MCL masuk wilayah Blok Cepu.

      “Seperti yang adik-adik lihat tadi (gedung sekolahan, Jalan dan pengembangan ekonomi rakyat) itu merupakan bentuk komitmen dan tangungjawab kami untuk memberdayakan masyarakat sekitar pemboran. Karena kita ingin menjadi bagian dari masyarakat dimanapun melakukan kegiatan, termasuk disini,” papar Feni kepada para Mahasiwa UGM.

      Dalam kunjungan mahasiswa itu, beberapa perwakilan MCL ikut mendampingi yakni Pandu Subianto, Community Relations Officer, Wulan Purnamawati PGA Communications Officer, Daoni Simatupang PGA Communications Officer. Dan disambut baik oleh Manager KBSR, M. Ja’I, Budi coordinator program dari Yayasan Swisscontact Indonesia. (suko)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more