Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Mandiri Setelah Mendapat Pelatihan dari MCL

Editor: admin
Senin, 27 Juni 2011
win
Timan

SuaraBanyuurip.com - Winarto

Ulet, tekun, dan pandai menangkap peluang. Itulah sekilas sosok Eka Harjito, warga RT 02/RW 01 Desa Gayam, Kecamatan Ngasem. Bengkel las yang dia geluti selama 12 tahun itu akhirnya berbuah hasil.  Banyak warga setempat dan sekitar-nya mulai berdatangan membutuhkan keahlihannya untuk melakukan pengelasan baik alat – alat pertanian, pembuatan pagar rumah, serta lainya. Bahkan seiring perkembangan project minyak di Blok Cepu order yang dia terima terus meningkat.

Hal itu dapat dilihat dari order pengela-san yang dia terima dari sejumlah kontrak lokal maupun luar daerah. Mereka banyak membutuhkan jasa Timan–panggilan akrab Eka Harjito- untuk mengelas.

Tak mengherankan, dengan adanya perkembangan serta peluang tersebut membuat bapak dua anak ini bersemangat mengembangkan keahlihan yang ditekuni-nya. Dia pun mendirikan bidang usaha dalam bentuk CV yang diberi nama Ecomando Karya Utama.

“Dengan memiliki CV akan lebih menjadikan pekerjaan saya tertangani secara profesional,” kata Eka Harjito, Direktur CV Comando Karya Utama mem-buka perbincangan dengan Suara Banyuurip ketika ditemui di lokasi pekerjaannya yang juga rumahnya.

Jerih payah Eka pun tidak sia-sia. Dengan adanya CV itu pekerjaan yang dia terima kian banyak. Untuk melaksanakan dan membantu pekerjaan itu dirinya telah melibatkan warga lokal.”Saya telah memiliki personil tetap sebanyak 4 orang dan semuanya warga sini (gayam),” sergah Eka Harjito selaku Direktur.

Menurut Timan, jumlah tenaga kerja lokal yang direkrut ini tergantung pekerjaan yang dia terima. Dicontohkan, ketika dirinya menjadi subkon salah satu proyek di Banyuurip - Jambaran, mampu memper-kerjakan 26 orang. Dan semua karyawanya tersebut merupakan warga lokal Desa Gayam, Kecatamatan Ngasem.

“Allhamdulilah CV kami ini sedikit banyak mampu memberi manfaat untuk warga sini (Gayam), karena bisa memperkerjakan mereka yang mengang-gur,” ungkapnya.

 Perlu diketahui, CV. Ecomando Karya Utama ini berdiri awal tahun 2010 lalu. Selama setahun lebih ini telah banyak PT yang mengerjakan proyek Banyuurip – Jambaran yang  mengandeng CV ini. Kontraktor itu diantaranya adalah PT. Bojonegoro Putra (Botera), Rajekwesi Mitra Tama (RMT), Banyu-urip Mitra Persada (BMP) dan PT Pangastuti.

“CV saya ini fokus pada pekerjaan Welding (pe-ngelasan). Dan selama ini telah banyak jenis peker-jaan mulai dari pengelasan pagar, jembatan serta jenis pengelasan lainya kami lakukan,” ungkap Timan.

Selain fokus dalam bidang welding contruction gedung dan pabrik, lanjut dia, CV Ecomando Karya Utama juga spesialis dalam bidang jasa pengadaan sewa genset, scafolding, mobil dan alat berat, pemotongan dan pemeliharaan rumput dan taman. Selain itu juga ahli dibidang instalsi jaringan komputer, pengadaan komputer dan alat kantor, bangunan pengolahan air bersih dan limbah, drainase dan jaringan pengairan, jalan jembatan, bendungan, instalasi kelistrikan, penyediaan jasa tenaga kerja serta pengadaan tanah lahan atau real estate.

Selain begkel pengelasan yang ada dirumahnya, disamping bedirinya juga bengkelnya tersebut juga memilki usaha tambahan yakni Cuci motor serta Mobil. Untuk usaha cuci motor serta mobil tersebut telah berjalan selama 4 tahun.

“Kita selalu mengedepankan kualitas pekerjaan yang kita terima. Karena saya ingin melakukan semua pekerjaan dengan profesional,” tegasnya.  

Timan mengaku, kemampuannya dalam dunia ngeles mengelas ini berkat pelatihan ketrampilan perbengkelan yang diterima dari operator Blok Cepu, Mobil Cepu Limited (MCL) 2002 silam. Dengan peltihan itu dirinya mampu mengembang-kan dirinya hingga mendirikan usaha. Karena itu, dengan segera dimulainya proyek kontruksi pe-ngembangan penuh lapangan Banyuurip ini, dirinya berharap agar kontraktor-kontraktor pemenang tender melibatkan CV lokal. Sebab ini akan mengurangi pengangguran warga lokal Gayam dan sekitar pengeboran.

“Dengan mereka dilibatkan di CV kami maka akan menopang ekonomi keluarg,” pungkasnya.

Sementara itu, Kundori warga setempat yang bekerja di CV.Eco-mando Karya Utama, mengaku merasa puas bisa bekerja dibengkel las milik Timan. Sebab manajemen di CV ini dilaksanakan secara transparan dan profesional.

“Yang pasti CV ini (ECOMANDO KARYA UTAMA) adalah pelabuhan yang tepat bagi saya,” sambung Kundori yang pernah bekerja dilokasi PT. Centuri ketika mengerjakan driling.

 

Dibaca : 1431x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan