Senin, 24 Juni 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Pilkades Serentak di Blora

Mayoritas Calon Tunggal Menang Mutlak

Editor: nugroho
Selasa, 27 Agustus 2013
ali musthofa
ANTUSIAS : Warga saat menggunakan hak pilihnya dalam pilkades serentak di Kabupaten Blora.

SuaraBanyuurip.com - Ali Musthofa

Blora – Dari 234 desa yang mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Minggu (25/8/2013) lalu, sebanyak 34 calon tunggal mayoritas menang mutlak.

Seperti,  Wawan Heri Subakir, calon kepala desa (Cakades) tunggal dari Desa Jom­blang, Kecamatan Jepon, Blora akhirnya menang mutlak atas bumbung kosong. Wawan meraih suara 1.510, dan bumbung kosong 57 suara dan suara tidak sah 46. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2.062. Jalannya perhitungan suara sendiri sempat mengalami penundaan, karena adanya insiden penyulutan petasan oleh pendukung calon terpilih.

Setelah perhitungan selesai, Wawan langsung diusung dan diarak dengan kesenian barongan oleh para pendukungnya dari Balai Desa sampai rumahnya yang berjarak sekitar 1 kilometer.

Hal yang sama terjadi di Desa Puledagel.  Dimana calon tunggal Rubi Hartatik, yang merupakan calon tunggal juga unggul mutlak dengan perolehan 1.189 suara dan yang tidak mendukung 125 suara, sedangkan suarat suara yang rusak 54 suara dari 1.360 pemilih.

Pelaksana Harian Kades Puledagel Supangat, mengatakan tingkat kehadiran pilkades di desanya sangat bagus. Sebab dari 1.360 hak pilih, yang hadiri sebanyak 1.314 orang.

"Hasil pe­milihan calon tunggal Rubi Har­tatik menang mutlak," kata Su­pangat. 

Desa Ba­long juga demi­kian. Nyomo yang merupakan incumbent memperoleh suara 917, sedangkan yang tidak mendukung 43 suara dari DPT 1.121. Calon tunggal lain yang me­nang, yakni Suprapti dari Desa Sumurboto yang mendapat sua­ra 1.189, dan kosong 56 tidak sah 20 dari jumlah hak pilih 1.265 orang.

Dalam pilkades itu, panitia menyediakan berbagai doorprize serta hadiah utama berupa kambing. Tujuannya, agar warga yang akan memilih hadir untuk memberikan suaranya.

Selain di Desa Jomblang, beberapa desa yang calon kadesnya tunggal banyak yang melakukan hal serupa dengan memberikan iming-iming hadiah. Hadiah tersebut ada yang berasal dari Cakades serta banyak juga yang sumbangan dari beberapa calon anggota legislatif DPRD Blora.(ali)

Dibaca : 1332x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan