Rabu, 20 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Jejak CSR Pertamina EP di Sumur Tapen

Membangun Masjid di Wilayah Bumi Wali

Editor: samian
Senin, 08 Mei 2017
12
Ali Imron
POTONG PITA : Bupati Tuban saat meresmikan Masjid Baitus Salam Desa Sidoharjo hasil bantuan program CSR Pertamina EP Asset 4.
SuaraBanyuurip.com
Agus Amperianto sedang memberikan satunan anak yatim.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imrin

Tuban - Menjadi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Lapangan Minyak dan Gas Bumi (Migas) Tapen, dibuktikan Pertamina Eksplorasi Produksi (EP) Asset 4 tidak hanya fokus pada pencarian dan pengolahan minyak. Lebih dari itu, anak perusahaan Pertamina (persero) ini tak lupa mengajak warga sekitar meningkatkan nilai ibadahnya.

Hal itu nyata setelah renovasi masjid Baitus Salam di Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur rampung pada bulan April 2017 lalu. Masjid dengan panjang 20 meter dan lebarnya 10 meter ini nampak megah, dan dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat.

Keberadaan tempat ibadah ini dirasakan langsung oleh Abdul Wakid (33). Warga ring 1 lokasi pengeboran Migas Tapen ini, mengucapkan beribu terima kasih kepada Pertamina EP Asset 4 yang sudi memperbaiki masjid di wilayahnya.

"Masjidnya kini lebih bagus dan nyaman untuk beribadah kepada-NYA," ucapnya ketika dijumpai di sekitar Lapangan Tapen.

Sebelumnya masjid yang lama masih bisa digunakan, namun dinding dan penyangga atapnya sudah termakan usia. Sesuai prasasti yang tertempel di dinding masjid, tempat ibadah ini pertama kali diresmikan Bupati KDH TK II Tuban, Drs Djoewahiri Martoprawiro pada tanggal 21 April 1987.

Secara tidak langsung membuat jamaah was-was apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Kini setelah masjid baru diresmikan, warga berjanji bakal merawatnya. Sekaligus memanfaatkannya sebagaimana fungsinya.

Segendang seirama juga dirasakan Fathul Ulum (40) yang juga menjadi Ketua Pengurus Peternakan Domba Cahaya Pertamina Sidoharjo. Gus Ulum, panggilan akrabnya, tak berucap banyak setelah masjid tersebut diserahkan ke warga.

"Hanya ucapan terimakasih yang dapat kami sampaikan atas kebaikan Pertamina EP Asset 4 di Sidoharjo," singkatnya.

Renovasi masjid di Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) Tuban ini, catatan Field Manager Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Agus Amperianto, dapat diselesaikan dalam waktu 2,5 sampai 3 bulan. Upaya ini untuk meningkatkan nilai ibadah masyarakat sekitar Tapen.

Tak hanya itu, masyarakat diharapkan tidak memandang masjid hanya sebuah tempat ibadah. Banyak hal positif yang dapat dilakukan di dalamnya, mulai rapat pemecahan masalah hingga wadah urun rembug perbaikan desa.

Sejak dini masyarakat harus mulai merubah mindsetnya. Yang perlu dipahami fungsionalisasi masjid dapat menjadi sarana memberdayakan umat.

Semua pihak diharapkan dapat saling mengisi, ataupun menginformasikan semua hal kepada Pertamina EP Asset 4. Hal ini sebagai wujud saling percaya, dan keterbukaan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan masyarakat.

"Mari kita berdayakan masjid sekaligus membangun karakter umat supaya lebih kuat," terang Agus.

Apresiasi renovasi masjid Tapen diberikan langsung oleh Kabag Kesra Setda Tuban, Sudarmaji. Mewakili Bupati Fathul Huda, dia mengajak masyarakat untuk selalu mendoakan Pertamina EP Asset 4, supaya produksi Migas di Tapen melimpah ruah.

Mantan Camat Plumpang ini juga mengingatkan warga, setelah masjid ini resmi diserahkan giliran masyarakat yang harus memakmurkan tempat ibadah tersebut.

Khususnya takmir masjid, untuk mulai belajar mengelola kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya dapat mencontoh masjid di Kecamatan Semanding. Dimana takmir masjid telah membentuk pengurus zakat, infaq dan shodaqoh.

Mewakili Pemerintah Kecamatan Senori, Pelaksana Harian (Plh) Camat Senori, Kartono, mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian Pertamina EP Asset 4 di wilayahnya.

Program sosial lingkungan ditambah Dana Desa (DD)/ Alokasi Dana Desa (ADD) diharapkan dapat menyejahterakan wilayahnya. Sekaligus mengurangi kemiskinan di Kecamatan Senori. (aim)

 

 

Dibaca : 391x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan