Sabtu, 18 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Menggagas CSR yang Berkeadilan

Editor: nugroho
Kamis, 15 Maret 2012
ist.
Suasana diskusi Reboan yang dilaksanakan IDFoS

SuaraBanyuurip.com -Winarto

Pemerintah, perusahaan, dan masyarakat perlu melakukan sinergi bersama dalam pengelolaan corporate social responsibility (CSR/tanggung jawab sosial perusahaan). ”Sinergi penting dilakukan agar program-program CSR yang dikeluarkan perusahaan tepat sasaran,” kata Oni Indiharto, Public Affair Coca Cola Perwakilan Jawa Timur dalam Diskusi Reboan di aula BPMD Bojonegoro, Rabu (14/3) kemarin. 

Selain Oni, hadir juga dalam diskusi rutin yang diselenggarakan IDFoS tersebut adalah Field Admin Superintendent Joint Operating Body Pertamina-PetroChina East Java (JOB P-PEJ) Hananto Aji. Diskusi reboan tersebut mengambil tema menggagas CSR yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Menurut Oni, sinergi multipihak tersebut sangat mungkin dilakukan, karena Pemprov Jawa Timur telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP). ”Perda ini bertujuan agar pengelolaan program-program CSR dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. 

Bahkan, kata Oni, sebagai tindak lanjut dari Perda TSP, Gubernur Jawa Timur Sukarwo telah mengirimkan surat kepada bupati dan wali kota Se-Jawa Timur untuk membentuk forum komunikasi pengelola CSR. ”Hanya, yang masih kurang dari Perda TSP ini adalah belum adanya juklak dan juknisnya. Sehingga, akan bisa jadi pegangan daerah,” ujarnya.

Sedangkan Hananto Aji menjelaskan, para prinsipnya perusahaannya siap menjalankan CSR. Dengan catatan, hal itu tidak mengurangi tanggung jawab pemerintah. Bahkan, jauh sebelum kewajiban CSR dilakukan, yakni tahun 2002, JOB sudah menyalurkan dana kepedulian sosial. ”Untuk itu, sangat penting ada sinkronisasi antara project perusahaan dengan pemerintah,” terangnya.

Diskusi reboan kemarin juga dihadiri oleh sejumlah satuan kerja (satker) pemkab, antara lain dinas kesehatan, dinas pendidikan, dan BPMD. Juga dari perwakilan Bank Jatim, PT Holcim, PT Pos Indonesia, kalangan NGO, maupun mahasiswa.

Dibaca : 1533x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan