Senin, 28 Mei 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Menpan RB Setujui BNNK Tuban

Editor: samian
Jum'at, 26 Januari 2018
Ali Imron
FOTO BERSAMA : Pemkab Tuban dan BNNP Jatim komitmen berantas Narkoba di Bumi Wali.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Akhirnya harapan dan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, untuk berdirinya Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) berbuah manis. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) menyetujui peresmian/pembentukan instansi vertical BNNK Tuban.

"Ini buah komitmen dalam  menyelamatkan generasi bangsa di Kabupaten Tuban dari bahaya narkoba,” ujar Kepala BNNP Jatim, Budi Santoso, melalui pesan elektronik yang diterima suarabanyuurip.com, Jumat (26/1/2018).

Mantan Kepala BNNP Papua ini menambahkan, Tuban menjadi kabupaten ke-17 dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang akan segera memiliki institusi pemberantasan narkoba di tingkat Kabupaten/Kota.

Sementara, Bupati Tuban, Fathul Huda, menambahkan, pembentukan BNNK Tuban sudah diajukan sejak 5 tahun lalu. Dikarenakan Tuban belum termasuk prioritas, maka pembentukan BNNK Tuban belum disetujui.

“Meski demikian, saya sudah menganggap pemberantasan narkoba adalah prioritas,” ungkap Bupati kelahiran Kecamatan Montong itu.

Lebih dari itu, Bupati menilai keberadaan arak di Tuban berpotensi berlanjut menjadi tindak kejahatan narkoba. Ditambah pengembangan Tuban sebagai kota industri, dan kondisi geografis yang berada di pesisir pantai secara tidak langsung juga berpotensi dijadikan lokasi peredaran narkoba.

“Diperlukan upaya preventif agar hal tersebut dapat diminimalkan bahkan tidak terjadi,” terang orang nomor satu di Tuban ini.

Komitmen Pemkab Tuban terhadap pembentukan BNNK Tuban dibuktikan dengan akan diserahkannya hibah tanah di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, dan hibah kendaraan serta sarana-prasarana operasional kepada BNNK Tuban.

Selain itu, guna menunjang operasional BNNK Tuban saat ini, akan diserahkan pula gedung dengan status pinjam pakai di Jl. Ronggolawe sebagai kantor sementara. Sekaligus merealisasikan hibah operasional BNNK Tuban tahun 2018 sebelum menerima dana DIPA APBN.

“Dengan fasilitas itu BNNK Tuban dapat beroperasi dengan optimal,” harap Bupati.

Terkait dengan program kerja BNNK Tuban untuk dunia pendidikan, Bupati dua periode ini menjelaskan, Pemkab Tuban memiliki program pembinaan ketaqwaan yang rutin dilaksanakan bagi remaja dan pelajar. Otomatis Pemkab dan BNNK Tuban dapat bersinergi terkait sosialiasi, dan menumbuhkan kesadaran tentang bahaya narkoba bagi remaja dan pelajar.

Ketua Gerakan Berjamaah Melawan Narkoba Dan Prostitusi ( Garansi) Tuban, Abdul Majid, menjelaskan, hal ini kabar gembira bagi masyarakat, khususnya GARANSI Tuban. Bisa dibilang adanya BNNK ini menjadi angin segar, artinya kami menaruh harapan besar kepada BNNK.

"Peredaran dan penyalahgunaan barang haram ini bisa ditekan dan hilang dari Bumi Wali," sergahnya.

Beberapa kali Garansi turun jalan, menuntut agar BNNK segera dibentuk di Tuban. Atas dukungan semua stake holder akhirnya terealisasi.

Peredaran Narkoba di Tuban sangat luar biasa. Menjelang Natal dan Tahun Baru 2017, Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban memusnahkan 33.830 butir Pil Carnopen, 29,91 gram Sabu, 822 butir pil Dobel L, dan lima butir pil Ekstasi. Pemusnahan barang bukti tersebut, selama setahun dilakukan tiga kali.

Pemusnahan pertama bulan Mei, dan kedua bulan Agustus 2017. Sedangkan Polres Tuban, di awal 2018 juga memusnahkan 4.000 butir pil karnopen.(Aim)

Dibaca : 1600x
FB
Ada 1 komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Sabtu, 27 Januari 2018 11:58
Kapan ada penerimaan pegawai nya ya?
dede mariyani
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan