Jum'at, 22 Juni 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Menristek Dikti : Dosen Asing Untuk Percepat Pembangunan Ekonomi Indonesia

Editor: samian
Minggu, 03 Juni 2018
d suko nugroho
Menriset Dikti saat memberikan kuliah umum di UNU Sunan Giri Bojonegoro.
TERKAIT:

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Riset Dikti) Mohamad Nasir menyampaikan akan mendatangkan 200 tenaga dosen asing khusus bidang sains dan tehnologi untuk mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia. 

"Sekarang ini daya saing mahasiswa kita berada diurutan 61 dari 137 negara," kata M. Nasir, kepada suarabanyuurip.com usai mengisi kuliah umum bertajuk " Kebijakan Nasional Pendidikan Tinggi Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0" di Kampus Institute Agama Islam Sunan Giri dan Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, Minggu (3/6/2018).

Menurut dia, selama ini sudah banyak dosen luar negeri yang mengajar di perguruan tinggi di Indonesia, namun keberadaan mereka tidak berlangsung lama.

"Yang sudah jalan sekarang ini ada 150 an sampai 200 orang, tapi mereka hanya sebentar, satu bulan pulang-satu bulan pulang. Nah, kita ingin memfasilitasi ini agar mereka bisa menetap lebih lama, dua sampai tiga tahun," jelasnya.

Menurut dia, jika dosen luar negeri bisa standby lebih lama di Indonesia supaya hasilnya jelas.

"Minimal mereka bisa menetap satu sampai dua tahun agar dia dapat melakukan bimbingan baik, dan pendampingan baik, menjadikan doktor baik," tutur pria yang juga menjabat Ketua Ketua LPPM NU ini.

Untuk jangka pendek, jumlah tenaga dosen asing yang akan didatangkan sebanyak 200 an. 

"Berikutnya kalau ada anggaran lebih akan kita tambah lagi," ucapnya. 

Selain untuk meningkatkan reputasi dan daya saing di tingkat dunia, menurut Nasir, tambahan dosen asing ini akan membantu memenuhi rasio satu dosen seribu mahasiswa.

"Saat ini satu dosen tiga ribu mahasiswa," pungkasnya.(suko)

Dibaca : 522x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan