Rabu, 21 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Minta Silpa APBD 2013 Dimuat di Media

Editor: nugraha
Sabtu, 11 Januari 2014
SuaraBanyuurip.com
Djoko Nugroho

SuaraBanyuurip.com - Ali Musthofa

Blora - Bupati Blora, Jawa Tengah, Djoko Nugroho ingin mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan. Untuk mewujudkan hal tersebut, dia memerintahkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menginventarisasi sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) 2013 dan diumumkan kepada masyarakat.

"Umumkan di koran. Biar semua masyarakat Blora tahu kenapa dalam setiap akhir tahun anggaran itu selalu ada silpa," katanya kepada suarabanyuurip.com, Jumat(10/1/2014).

Keinginan untuk dimuat dimedia itu, menurut Kokok - sapaan akrab Bupati Djo Nugroho, karena ada anggapan silpa disebabkan penyerapan anggaran yang minim ataupun ada program kegiatan yang tidak berjalan.

Mantan Dandim Rembang itu menyebutkan, sebagian besar penyebab silpa itu terjadi karena petunjuk teknis aturan hukum penggunaan anggaran tersebut tidak jelas.

"Sehingga SKPD tidak berani memakai anggaran itu," tegas Kokok..

Oleh karena itu, diperlukan inventarisasi dan investigasi silpa di setiap SKPD agar jadi jelas sebabnya.

"Dalam ekspose di media, perlu dicantumkan penyebab silpa itu apa saja. Apakah karena aturan hukumnya belum ada, tidak jelas atau memang programnya benar-benar tidak dilaksanakan," tandas dia.

Sementara dari data yang ada, silpa APBD 2013 Blora diperkirakan mencapai Rp100 miliar. Jumlah silpa tahun 2012 mencapai Rp146 miliar, sedangkan tahun 2011 jumlah silpa Rp 160 miliar, serta pada tahun 2010 sebesar Rp 87 miliar.

Mayoritas tingginya silpa itu terjadi karena banyak proyek atau kegiatan yang tidak selesai atau tidak dilaksanakan. Padahal dananya telah dianggarkan dalam APBD sehingga anggaran itupun akhirnya tidak terpakai.(ali)

Dibaca : 862x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan