Kamis, 16 Agustus 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Muncul Soal Ujian SD Tak Seronok di Tuban

Editor: nugroho
Sabtu, 05 Mei 2018
Ali Imron
TAK SERONOK : Soal ujian Mata Pelajaran IPA di SD Tuban No 40 dipersoalkan Dewan Pendidikan.

SuaraBanyuurip.com Ali Imron

Tuban- Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menyayangkan munculnya soal ujian SD yang berbau tidak seronok di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Sabtu (5/5/2018).

Ada 100 soal yang harus dikerjakan siswa. Sebanyak 40 soal di antaranya soal uraian, dan harus diisi jawaban sesuai pertanyaan yang dalam soal. 

Pada soal nomor 40, terdapat pertanyaan yang tidak pantas. Soal tersebut seharusnya tidak muncul karena sangat tidak patut diajukan pada sisw SD.

‘’Kami sangat menyayangkan dan menyesalkan lolosnya soal seperti itu. Soal nomor 40 itu sangat tidak patut untuk dijadikan soal ujian, apalagi untuk SD,’’ ujar perwakilan Dewan Pendidikan Tuban, Ratna Handayani, kepada suarabanyuurip.com, Sabtu (5/5/2018).

Perempuan yang menjabat Bendahara di Dewan Pendidikan itu, meminta agar diusut. Bagaimana soal seperti itu sampai lolos. Dalam menyusun naskah soal dilakukan oleh tim, artinya tidak hanya satu orang. Soal yang akan diujikan sebelumnya dibahas dan digodok dulu sampai benar-benar siap diujikan.

"Kami tak habis pikir, kok bisa sampai pertanyaan seperti itu lolos menjadi soal ujian. Bagaimana verifikasinya. Sungguh ini sangat tidak patut. Pertanyaan seperti itu bersifat private atau khusus," tegasnya.

Untuk sementara, Dewan Pendidikan akan mengumpulkan keterangan di lapangan sebelum bertindak. Pihaknya akan meminta penjelasakan Dinas Pendidikan terkait siapa penyusun soalnya. Kemudian bagaimana verifikasinya dan prosesnya sampai pertanyaan tak pantas seperti itu sampai lolos.

‘’Kami akan meminta penjelasan Dinas (Pendidikan) terkait hal ini,’’ tandasnya. (aim)

Dibaca : 8578x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan