Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Musim Tanam, Warung Mamin Sepi

Editor: nugroho
Selasa, 03 Juni 2014
totok martono
SEPI : Sejumlah warung Mamin di Lamongan sepi pembeli saat musim tanam dan pendaftaran siswa baru.

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan- Sejumlah Pemilik warung makan dan minuman (mamin) di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur mengeluhan sepinya dagangan mereka dalam dua pekan terakhir. Sepinya warung mamin diperkirakan karena saat ini para petani sedang masa tanam dimana dibutuhkan banyak modal untuk membeli pupuk, obat dan biaya perawatan tanaman lainnya.

“Biasanya kalau musim tanam jualan apa saja sepi, Mas. Termasuk warung makan,” ujar penjual soto di pasar Sukodadi, Sukarti.

Menurut Sukarti, selama dua minggu ini omzet penjualannya menurun hingga 50 persen. Jika sebelumnya perhari dirinya bisa mendapat keuntungan Rp100 ribu-Rp150 ribu, kini hanya Rp50 ribu-Rp75 ribu.

Penjual pecel lele di Desa Pucuk, Munawaroh juga mengeluhkan sepinya dagangannya. Berkurangnya pembeli bukan saja karena petani sedang masa tandur (tanam), namun karena juga memasuki Pendaftaran sekolah.

“Sebentar lagi orang tua pada mau memasukkan anaknya ke sekolah lebih tinggi, Mas. Banyak mengeluarkan biaya sehingga harus ngirit pengeluaran untuk biaya sekolah anaknya,” sambung Munawaroh, mengungkapkan.

Beberapa warga yang ditemui suarabanyuurip.com, mengaku pusing harus mempersiapkan dana besar untuk memasukkan anaknya kejenjang pendidikan lebih tinggi.

“Sebentar lagi anak saya masuk SMA, Mas. Biaya pendaftaraannya jutaan rupiah. Harus hidup sehemat mungkin agar bisa menyekolahkan anak,” keluh warga Menongo Sukodadi.

Lelaki berprofesi petani ini  mengharapkan tanamannya yang menelan banyak biaya nantinya dapat menghasilkan panen  bagus sehingga bisa untuk menutupi biaya sekolah anaknya. (tok)

Dibaca : 788x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan