Kamis, 13 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Nilai BBS Berhasil Kelola Sumur Minyak Tradisional

Editor: nugroho
Rabu, 07 Februari 2018
ririn wedia
RAKOR : Manajemen Pertamina EP Aset 4 bersama PT BBS dan Pemkab Bojonegoro rapat membahas pengelolaan sumur minyak tradisional.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Pemilik Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) sumur minyak tua, Pertamina EP Asset 4 menilai kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bojonegoro, Jawa Timur,  PT Bojonegoro Bangun Sarana (BBS) dari awal kontrak bulan Agustus 2017 sampai bulan Januari 2018 mengalami peningkatan dalam pengelolaan sumur tradisional. 

"Dari rapat yang kami gelar hari ini, sesuai laporan progres produksi ada peningkatan cukup signifikan," kata Asset Managemen Manager Pertamina EP, Teguh Budi, usai rapat koordinasi bersama PT BBS dan Pemkab Bojonegoro di Creative Room lantai 7 gedung Pemkab, Rabu (7/2/2018). 

Dalam mengelola ratusan sumur, PT BBS dianggap memiliki kiprah yang luar biasa karena bisa melakukan koordinasi dengan baik dan terarah dalam operasional migas. Salah satunya terkait Health, Safety, Environment (HSE) mulai pembuatan penampungan minyak, kelengkapan keamanan penambang untuk operasional di lapangan.

"Kalau untuk produksi, memang tidak serta merta ditargetkan 500 barel per hari. Karena di dunia migas seperti ini tidak semudah membalikkan telapak tangan," ungkapnya.

Pihaknya memaklumi, jika PT BBS belum bisa memenuhi target produksi 500 bph karena masalah mencari potensi di sumur tua membutuhkan usaha yang cukup keras. Sedangkan, PT BBS telah mengoperasionalkan sumur-sumur yang kondisinya tidak seperti sumur baru. 

"Sumur-sumur tradisional ini perlu penanganan yang lebih lagi, karena memang kondisinya berbeda, dimana sumber minyaknya tidak lagi melimpah," tegasnya. 

Penanganan tersebut harus dilakukan menggunakan tekhnologi untuk pengurasan, chemical, dan lain sebagainya. Terlebih, sumur tua memiliki kedalaman yang sudah tidak bisa diubah-ubah lagi. 

"Inilah sebabnya PT BBS hanya mengoptimalkan sumur yang ada," pungkasnya.(rien)

Dibaca : 1438x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>