Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

NU Salurkan Bantuan Korban Bencana Palu di Plumpang

Editor: nugroho
Rabu, 07 November 2018
Ali Imron
SIMBOLIS : Serah terimakan bantuan dari NU kepada korban gempa Palu di Kecamatan Plumpang.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), bersama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (LAZIS NU) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, memberikan bantuan pada korban bencana Gempa dan Tsunami Palu Provinsi Sulawesi Tengah yang saat ini berada di Desa Magersari Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban (07/11/2018). 

Penyerahan bantuan dilakukan di kantor balai desa setempat. Dihadiri Pengurus Cabang NU dan LAZIS NU, Muspika setempat, PAC Muslimat, PAC Fatayat yang merupakan Badan Otonom (Banom) dari NU itu sendiri, serta BAZNAS Kabupaten Tuban.

“Alhamdulillah, tadi kita sedikit bisa membantu meringankan beban hidup korban bencana Gempa dan Tsunami Palu yang saat ini berada di Desa Magersari,” ujar Ida Musthofa, salah satu pengurus LAZIS NU Tuban saat dikonfirmasi suarabanyuurip.com

Untuk bantuan yang diserahkan berupa sembako senilai Rp250 ribu, uang tunai Rp100 ribu dan pakaian layak pakai pada 38 Kepala Keluarga (KK). Bantuan akan dilanjutkan pada korban bencana Palu yang saat ini masih mengungsi di familinya di Bumi Wali. 

Adapun di Desa Magersari, jalur pipa minyak Blok Cepu, dari data yang diterimanya ada 104 jiwa dan di desa lain juga ada. Sementara di kecamatan lain, seperti di Kecamatan Widang yang kabarnya juga ada bayak, untuk saat ini masih kita data dan falidasi.

Kepedulian Banom dan Lembaga dari NU kepada korban gempa dan tsunami Palu bukan tanpa alasan. Selain masih ada hubungan kekeluargaan dengan warga di wilayah Kecamatan Plumpang, para korban bencana ini bisa sampai ke Tuban hanya membawa seutas pakaian yang melekat di badan. Begitu juga anak-anak mereka. 

“Alhamdulillah, ada lembaga pendidikan seperti MI Al-Hikmah Desa Magersari yang mau menerima anak-anak korban bencana untuk belajar dilembaga pendidikan,” terang salah satu pengurus PC GP Ansor Kabupaten Tuban ini.

Selain memberikan bantuan, LAZISNU, PAC Muslimat, Fatayat dibantu oleh Tim Tagana Kecamatan setempat juga melakukan pemulihan trauma (trauma healing) pada anak-anak korban bencana. 

Di tempat yang sama, Senok salah satu korban gempa dan Tsunami Palu mengaku sangat berterimakasih pada NU yang sangat peduli dengan nasibnya bersama keluarganya saat ini. Dirinya berharap Pemkab Tuban bisa membantu mencarikan pekerjaan selama di Kabupaten Tuban.

“Selain biaya hidup selama belum bisa bekerja, juga agar kami bisa dapat legalitas kependudukan, serta agar ada perharian anak-anak kami yang masih sekolah untuk dapat prioritas,” harap Senok.

Hadir dalam penyerahan bantuan H Saiffudin (Bendahara PCNU), Muhtarom Khusnan (Ketua LAZISNU) berserta pengurus, MWC NU Plumpang beserta seluruh Banom-nya, Perwakilan Camat Plumpang, Tagana dan perwakilan BAZNAS Kabupaten Tuban. (aim)

Dibaca : 181x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan