Senin, 16 Juli 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Olah Limbah Plastik Jadi Energi Alternatif

Editor: nugraha
Rabu, 11 Desember 2013
SuaraBanyuurip.com
ALTERNATIF : DKP Bojonegoro memaparkan pemanfaatan limbah plastik yang dapat siolah menjasi energi alternatif pengganti BBM

SuaraBanyuurip.com - Athok Moch Nur Rozaqy

Bojonegoro- Banyak jalan untuk mencari celah usaha. Apapun bisa dimanfaatkan, termasuk plastik yang telah dibuang kesampah menjadi limbah.

Demikian paparan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dalam Pelatihan Pusat Informasi dan Konseling Remaja di Ruang Angkling Dharma lantai II Pemkab Bojonegoro, Rabu (11/12/2013)..

"Banyak pola pikir masyarakat yang belum bisa memanfaatkan menjadi tambahan penghasilan," kata Kabid Kebersihan DKP Bojonegoro, Ardian.

Menurut dia, sampah plastik selain bisa didaur ulang juga bisa dimanfaatkan menjadi energi alternatif berupa bakar minyak (BBM) seperti solar, bensin, dan minyak tanah. Untuk 10 kg plastik jika diolah bisa menghasilkan 5 liter solar, 1,5 liter bensin/minyak tanah.

"Tetapi masih belum sempurna karena residu airnya masih tinggi," kata Ardin menjelaskan.

Kendati begitu, untuk pengelolaan dan pemanfaatan sampah, masyarakat Bojonegoro masih belum memiliki pola pikir yang sesuai. Oleh karenanya dia berharap, agar sejumlah elemen masyarakat, seperti remaja masjid, karang taruna, dan lainnya untuk bersama menjaga kebersihan sekaligus memanfaatkan sampah dengan konsep yang tepat.

"Sampah tidak hanya tanggung jawab pemerintah, namun semua masyarakat," tuturnya.

Ardian menyatakan, dalam seharinya tercatat 160 meter kubik sampah terbuang. Sedangkan Tempat Penampungan Akhir (TPA) seluas 4,74 hektare hanya satu di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk.

"Oleh karenanya kita harapkan nanti juga dibentuk bank sampah, soal bagaimana kita mengelolanya, nanti kita bantu," imbuhnya.(roz)

Dibaca : 1022x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan