Jum'at, 22 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Ombak Besar Nelayan Berhenti Melaut

Editor: nugroho
Kamis, 10 Januari 2013
edy purnomo
DITAMBATKAN : Nelayan di Tuban berhenti melaut karena angin kencang yang terjadi sekarang ini bisa memicu ombak besar.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Nelayan laut utara di 5 Kecamatan yang ada di Tuban, Jawa Timur berhenti melaut karena angin kencang yang memicu tingginya ombak, Kamis (10/1/2013).

"Kalau ditengah, ombaknya bisa capai lebih dari 5 meter," ungkap Kasmian (37), salah satu nelayan asal Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota, Tuban.

Menurut para nelayan, dengan ombak setinggi itu nelayan bisa saja tetap melaut dan mendapatkan hasil tangkapan. Namun dipastikan perahu nelayan yang nekat menerjang ombak akan terbalik. Atau minimal perahu yang mereka gunakan akan mudah sekali dipenuhi dengan air, dan rawan tenggelam.

Kondisi itulah yang kemudian membuat nelayan lebih memilih untuk menambatkan perahunya. Serta lebih menunggu ombak dan cuaca mereda. Dengan alasan keselamatan dari amukan alam.

"Untuk alasan keamanan saja, daripada terbalik ditengah laut," tambah Samuji (30), nelayan lain.

Dari Pantauan SuaraBanyuurip, hampir seluruh nelayanan di desa nelayan yang ada di Kecamatan Bancar, Kecamatan Tambakboyo, Kecamatan Jenu, Kecamatan Kota Tuban, serta Kecamatan Palang menghentikan aktifitasnya. Mereka tambatkan perahunya disepanjang pantai tersebut.(edp)

Dibaca : 1050x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan