Kamis, 23 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Operasi Pasar Tak Mampu Tekan Harga Sembako

Editor: nugroho
Rabu, 25 Juni 2014

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan- Operasi pasar yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur untuk menekan harga sembilan bahan pokok (sembako) di pasaran menjelang ramadan tahun ini tak mempan. Buktinya harga sembako di sejumlah pasar tradisional di wilayah setempat masih melonjak tajam, bahkan kian tak terkendali.

Dari pantauan di sejumlah pasar tradisional seperti di Pasar Babat, Kedungpring, Pucuk, Sukodadi dan Pasar Sekaran, hampir semua bahan pokok mengalami kenaikan 20 persen hingga 30 persen.

Diantara harga barang yang mengalami kenaikan  yaitu telur dari harga Rp14 ribu/kg naik hingga Rp18 ribu/kg, gula pasir yang sebelumnya Rp11.500/kg naik menjadi rp13.ribu/kg, minyak goreng dari Rp10 ribu melonjak hingga Rp13 ribu. Sedang bumbu-bumbu dapur kenaiknya mencapai 20 persen.

“Biasanya barang yang sudah naik akan lama mas turunnya, “ kata pedagang telur di Pasar Sekaran, Tutik kepada suarabanyuurip.com, Rabu (25/6/2014).

Meski harga telur naik hingga Rp4 ribu / kg, dirinya bersyukur barang dagangannya masih laku keras.

“Menjelang puasa banyak warga yang mau megengan (slametan), mereka lebih memiliki menggunakan ikan telur dari pada daging ayam karena harganya jauh lebih murah,” cetusnya lagi.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Lamongan untuk menekan lonjakan harga sembako di pasar tersebut. “Pemkab gencar melakukan operasi pasar sekaligus sidak terpadu dengan jajaran keamanan untuk mencegah penimbunan sembako,” tegas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Mohammad fais Junaedi, kepada suarabanyuurip.com dikonfirmasi terpisah.

Dia menjelaskan, operasi pasar dilakukan lima hari yaitu sejak 21 juni - 25 juni khususnya untuk komoditi beras, gula, mie, minyak goreng, telur dengan lokasi utama di Pasar Sidoharjo dan Pasar Blimbing. (tok)

Dibaca : 689x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan