Rabu, 21 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

P2M-SG Rampungkan Pelatihan Peningkatan Kapasitas 113 OMS

Editor: samian
Rabu, 22 Agustus 2018
Ali Imron
ANTUSIAS : Para peserta semangat mengikuti pelatihan P2M-SG yang diberikan oleh PT Semen Indonesia.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- Program Pemberdayaan Masyarakat Semen Gresik (P2M-SG) sebagai program unggulan Bina Lingkungan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, telah merampungkan pelatihan peningkatan kapasitas (Capacity  Building) bagi 113 Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) yang akan mendapatkan alokasi dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT. SI pada tahun 2018.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 18-20 Agustus 2018, bertempat di Hotel Gang Guest House And Resto Tuban. Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas (Capacity Building) terhadap 113 OMS tersebut merupakan tahapan kegiatan yang ke-22 dari 28 Tahapan yang direncanakan oleh Konsultan P2M-SG.

Bertujuan untuk pertama, menumbuhkan kesadaran kepada pengurus OMS (calon penerima manfaat TJSL PT. SI) tentang pentingnya membangun kerjasama sinergis antara masyarakat dengan perusahaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan yang lebih layak.

Kedua, meningkatkan pengetahuan para pengurus OMS tentang konsep dasar dan sistematika penyusunan proposal kegiatan yang baik dan benar. Ketiga, memberikan penjelasan tentang tatacara menyusun laporan pertanggungjawaban yang akuntable. Keempat, menumbuhkan kesadaran untuk menjamin pelaksanaan kegiatan dapat terlaksana secara obyektif, dan melahirkan kemanfataan bagi masyarakat sasaran.

Kepada suarabanyuurip.com, Senior CSR Officer, Setiawan Prasetyo, menjelaskan, pasca pelatihan ini segera disusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) guna melengkapi persyaratan teknis, dan administrasi sehingga pencairan dana dapat direalisasikan.

Selanjutnya agar kegiatan dapat dilaksanakan sebagaimana konsep proposal, dan pada bulan Desember seluruh kegiatan telah dirampungkan beserta laporan pertanggungjawabannya.

"Sebagai representasi manajemen PT. Semen Indoensia, saya menghimbau agar para OMS yang mendapatkan amanah untuk melaksanakan kegiatan pemberdayaan agar bersungguh-sungguh, optimis dan ulet. Supaya dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengurangan jumlah warga miskin pada wilayah pengembangan perusahaan," terang Iwan.

Pada akhir kegiatan, tentu akan dilaksanakan evaluasi secara komprehensif. Apabila hasilnya memuaskan, maka P2M-SG dengan seluruh rangkaian tahapannya dapat dilanjutkan dengan dukungan sumberdaya yang lebih optimal.

Pada kesempatan terpisah, Camat Kerek, Sugeng Purnomo, menyampaikan, atas nama pemerintah kami mengapresiasi upaya PT. SI. Melalui program P2M-SG, menjadi program pionir dengan pendekatan pemberdayaan untuk turut berkontribusi menyelesaikan persoalan kemiksinan. Sekaligus melakukan optimalisasi sumberdaya lokal melalui alokasi dana stimulan yang bersumber dari dana TJSL.

"Diharapkan pula dapat menggerakkan partisipasi dan prakarsa masyarakat pada wilayah pengembangan perusahaan, sehingga terbangun kolaborasi untuk bersama-sama menumbuhkan perekonomian masyarakat yang berarti pula meningkatkan kesejahteraan warga," sambung mantan Camat Senori.

P2M-SG merupakan perubahan  untuk perbaikan dari konsep-konsep sebelumnya. Hendaknya seluruh pelaku tidak gagap terhadap perubahan, sebab satu-satunya hal di dunia ini yang paling dinamis adalah perubahan.

Sedangkan Manager P2M-SG, Nunuk Fauziah, menjelaskan, Capacity Building bagi para OMS merupakan bagian tahapan yang sangat strategis untuk menegaskan strategi pilihan pendekatan pemberdayaan pada program P2M-SG.  Harapannya agar dapat menjamin transparansi dan akuntabilitas, sekaligus sebagai wujud Social Corporate Investment (Investasi Sosial Perusahaan) bagi masyarakat pada wilayah pengembangan perusahaan.

Nunuk juga berharap, terjadi pergerseran paradigma masyarakat bahwa dana CSR atau TJSL PT. SI, tidak hanya digunakan untu merespon permasalahan serta kebutuhan sesaat. Lebih jauh dapat mendorong penguatan modal sosial masyarakat dalam wujud pentingnya membangun kelompok, menumbuhkan trust (kepercayaan) antara warga dengan perusahaan dan pemerintah, serta pemangku kepentingan lainnya yang sevisi dan misi.

"Sehingga terbangun sinergitas yang solid untuk mewujudkan kehidupan warga yang lebih berkualitas dan bermartabat," imbuhnya.

Merespon kegiatan pelatihan tersebut, Kasiati, dari OMS Jamaah Tahlil Baiti Jannati Desa Glondonggede, mengaku sangat terkesan dengan pelatihan ini. Dirinya merasa mendapatkan ilmu baru, tentang pentingnya menyadari masalah dan potensi yang dimilikinya sebagai bahan dasar penyusunan program.

Termasuk pula untuk menyusun proposal kegiatan, sehingga proposal kegiatan kami menjadi terarah dan sesuai dengan kebutuhan. Semoga nantinya masih ada pelatihan lagi.

"Kami sampaikan banyak terima kasih atas perhatian dan bantuannya, semoga tetap kokoh tak tertandingi dan tahun depan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali," harapnya.

Segendang seirama disampaikan, Dasam, selaku Koordinator FMK Kecamatan Meraukrak menegaskan, pelatihan ini memberikan pengetahuan dan pengkayaan pemahaman secara terstruktur kepada para peserta. Mulai dari pemahaman tentang program, pentingnya menemukan dan mengenali masalah serta potensi lokal, tatacara untuk merumuskan kebutuhan dalam proposal dan sistematika penyusunan proposal yang baik.

"Diakhiri dengan tatacara laporan pertanggungjawaban, sangat perlu dilanjutkan pada masa mendatang," harap Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Temandang ini.

Mayoritas dari peserta yang hadir memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan ini. Berhamburan ucapan terima kasih kepada PT SI dan P2M-SG yang telah sungguh-sungguh, merencanakan, mengorganisir, mengendalikan dan mengawal kegiatan tersebut sehingga dapat berjalan dengan dinamis, kondusif dan penuh manfaat.

Sangat didasari bahwa “Gagal merencanakan berarti Merencanakan Gagal”, maka perencanaan yang baik di dukung dengan soliditas tim menjadi kunci keberhasilan sebuah kegiatan. (Aim)

Dibaca : 684x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan