Selasa, 26 Maret 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Panitia Pilkades Tambakrejo Diberi Pembekalan

Editor: nugroho
Minggu, 10 Maret 2019
Samian Sasongko
ANTUSIAS : Panitia pilkades dari 10 desa di Kecamatan Tambakrejo antusias mengikuti pembekalan di GOR Dolokgede.

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Dari18 desa di wilayah Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, sepuluh desa diantaranya bakal menggelar pesta demokrasi tingkat desa atau biasa disebut Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II pada 26 Juni 2019 mendatang.

Ke sepuluh desa tersebut adalah Desa Dolokgede, Mulyorejo, Malingmati, Kalisumber, Tambakrejo,Sukorejo, Gading, Napis, Jatimulyo dan Ngrancang.

Agar pelaksanaan pilkades berjalan lancar, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Tambakrejo, memberikan pembekalan terhadap panitia pilkades dari 10 desa tersebut di GOR Dolokgede, Minggu (10/3/2019).

Camat Tambakrejo, Sukemi mengatakan, tujuan pembekalan ini dilakukan agar panitia dapat memahami secara gamblang aturan dan mekanisme pelaksanaan pilkades. Salah satunya adalah panitia pilkades harus mengeluarkan aturan tata tertib (tatib).

“Gunanya untuk mengantisipasi kemungkinan adanya hal-hal yang tidak kita inginkan bersama terjadi dalam berjalannya pelaksanaan pilkades,” kata Camat Sukemi, dalam sambutannya.

Selain itu, panitia pilkades juga dilarang membebani atau minta anggaran kepada calon. Karena anggaran pilkades sudah didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro, dan jika ada kekuarangan ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“Jadi panitia pilkades jangan sampai mungut biaya apapun dari calon. Dan apabila terdapat calon lebih dari lima, panitia pilkades diwajibkan melaporkan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk diteruskan ke bupati melalui camat,” tegas camat ring satu proyek Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB).

Sementara Kepala Desa (Kades) Dolokgede, Nunuk Sri Rahayu, mengaku, sangat mendukung dan mengapresiasi adanya pembekalan panitia pilkades sebelum bekerja yang diberikan oleh pihak Kecamatan Tambakrejo.

"Kami mengapresiasi karena sebelum mulai bekerja diberi pembekalan sehingga panitia dapat memahami ketentuan-ketentuan yang harus di lakukan. Agar tidak keliru dalam melangkah, dan mengambil keputusan,” ujar kades ramah ini.

Data yang dihimpun Suarabanyuurip.com, dari total 419 desa, 11 kelurahan di 28 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, sebanyak 156 desa di 27 kecamatan akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang II pada 26 Juni 2019 mendatang.(sam)

 

Dibaca : 439x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>