Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Parpol di Bojonegoro Belum Setor Rekening Dana Kampanye

Editor: nugroho
Kamis, 26 Desember 2013
Jarwati
Anggota KPU Kabupaten Bojonegoro Devisi Hukum, Umum, Pengawasan, M Addim Munib.

SuaraBanyuurip.com - Jarwati

Bojonegoro - Batas akhir penyetoran rekening dana kampaye Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 dari Partai Politik (Parpol) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro untuk periode satu adalah per 27 Desember 2013. Tetapi sampai hari ini, Selasa (26/12/2013), belum ada satupun Parpol yang menyetorkan rekening dana kampaye. 

Anggota KPU Kabupaten Bojonegoro Devisi Hukum, Umum, Pengawasan, M Addim Munib, mengatakan, bahwa KPU sudah mengingatkan kepada semua parpol mengenai tata cara penyetoran, dan batas akhir waktu penyetoran rekening dana kampanye pada periode satu. Namun hal tersebut tenyata belum efektif, sebab belum ada Parpol yang melaporkan rekening dana kampanye kepada KPU.

"KPU sudah mengingatkan kepada semua Parpol, dan melakukan sosialisasi mengenai batas akhir penyetoran rekening dana kampanye. Serta kami sampaikan jika ada hal yang kurang jelas mengenai tata cara pelaporan Parpol bisa menanyakan kepada kami," kata Munib.

Dia menengaskan,  KPU Kabupaten Bojonegoro juga sudah memberikan penjelasan melalui dua kali surat resmi kepada Parpol tentang hal tersebut. Isinya  mengingatkan dan menghimbau agar Parpol segera mengirim rekening dana kampanye.

"Bahkan tadi pagi kami mengirimkan sms kepada setiap parpol," sergah Munib.

Tetapi hanya hanya ada lima partai yang langsung merespon, dan melakukan konsultasi terkait pelaporan rekening dana kampanye. Yaitu Partai Golongan Karya (Golkar), PDI, PPP, PKPI, PKS.

"Untuk alasan kenapa sampai hari ini belum ada yang menyetorkan rekening dana kampanye, kami tidak menanyakan alasannya kepada Parpol. Itu bisa langsung ditanyakan kepada pimpinan Parpol," saran dia

Sedangkan untuk sanksi yang akan diberikan KPU bagi parpol yang sampai batas akhir periode satu tidak menyetorkan rekening dana kampanya, Munib menjelaskan, jika hal itu tidak ada sanksinya. Sebab untuk sanksi diatur secara komulatif pada penyetoran rekening dana kampanye diperiode kedua.

"Kalau nanti sampai batas akhir pada periode dua yaitu per 2 Maret 2014 masih ada parpol yang tidak menyetor, maka sanksinya adalah diskualifikasi," tegasnya. (ati)

Dibaca : 779x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan