Rabu, 21 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Pecah Kendi Sambut Mobil Damkar Jepang

Editor: nugroho
Rabu, 11 Juli 2018
Ali Imron
SIMBOLIS : Bupati Tuban Fathul Huda di dampingi Wabup Noor Nahar Hussein memecah kendi sambut Mobil Damkar hibah Jepang

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- Usai membuka pelatihan relawan di Mangrove Center Tuban, Bupati Tuban, Jawa Timur, Fathul Huda didampingi Wakilnya Noor Nahar Hussein langsung melakukan pecah kendi di mobil Damkar hibahan dari Jepang.  Mobil berteknologi hydran ini lebih canggih dan cepat, karena tanpa menggunakan tangki air.

“Semoga mobil ini bermanfaat bagi masyarakat Tuban,” ujar Bupati Tuban kepadasuarabanyuurip.com, Rabu (11/7/2018).

Satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) hibah dari Jepang, tiba pada hari Sabtu (9/6/2018) lalu. Setelah mempelajari katalognya, BPBD siap mengeoperasikan mobil tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiono, menjelaskan kendaraan canggih ini didominasi hydran. Daya semprotnya sampa 12 bar, lebih lincah tanpa tangki dan lebih safety. Dengan keunggulan tersebut, mobil ini mampu memadamkan api dalam skala besar.

Sistem hydran yang dibangun tentunya memperhatikan luas lokasi yang diproteksi. Semakin besar jaringan yang dibangun, maka semakin luas pula daerah yang bisa dijangkau.

"Dalam satu selang bisa mencapai 30 meter, dan bisa disambung jika jarak tempuhnya panjang," terangnya.

Penanganan kebakaran lebih cepat, setelah ada titik api yang terdeteksi dalam sebuah bangunan tim pemadam untuk memadamkan api. Letak outputnya fire hydran berada di tempat stragegis, sehinga untuk mencari dan segera melakukan aksi memadamkan api. Penggunaan fire hydran ini mudah. Umumnya fire hydran memiliki dokumen tentang cara penggunaan yang direkomendasikan.

Sebatas diketahui, sebelum mobil ini datang, pada Jumat (8/12/2017) silam BPBD Tuban menemui Kementerian Perindustrian Jepang di Jakarta. Waktu itu, salah satu hal yang dibicarakan adalah mobil Damkar berteknologi hydran.

Melalui komunikasi langsung dengan Mr. Kagawa seperti ini, dalam jangka waktu enam bulan hibah damkar ini akhirnya datang. Dengan teknologi pada mobil ini, BPBD tidak lagi khawatir akan terguling. (aim)

Dibaca : 497x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan