Selasa, 18 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Peduli Pantai Tuban, Pertamina EP Tanam 4.000 Mangrov

Editor: nugroho
Senin, 26 November 2018
12
Ali Imron
PEDULI LINGKUNGAN : Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field tanam pohon di pesisir pantai Desa/Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban .
SuaraBanyuurip.com
Pertamina EP bersama stakeholder usai tanam pohon

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- Operator Migas Blok Tuban, Pertamina EP Aset 4 Sukowati Field, telah menanam 4.000 pohon mangrov di Pantai Tuban, Jawa Timur, tepatnya di Desa Jenu, Kecamatan Jenu. Penanaman ribuan pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan pesisir pantai.

Penanaman pohon ini merupakan program tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) Pertamina EP Aset 4 Field Sukowati tahun 2018. Program PROPER Keanekaragaman Hayati tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Mangrove Center Tuban (MCT). 

"Penanaman mangrove sebagai upaya penyelamatan ekosistem pesisir pantai," ujar perwakilan manajemen Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati, Jason Purba, kepada suarabanyuurip.com di tepi sungai sebelah barat Mangrove Center Tuban, Senin (26/11/2018).

Jason menegaskan, kegiatan penanamam ini merupakan komitmen Pertamina EP Aset 4 Field Sukowati untuk menyelamatkan lingkungan Pantai Tuban. Diharapkan daerah pesisir pantai kembali pulih, dan ekosistem laut seperti udang dan kepiting bisa tumbuh dan berkembang biak. 

Dukungan dari masyarakat sekitar juga diharapkan untuk mensukseskan program ini. Karena tanpa uluran tangan semua stakeholder, program apapun pasti jauh dari harapan.  

Selama ini perusahaan migas telah memanfaatkan pantai khususnya di Kecamatan Palang untuk mengirim minyak mentah ke Floating Storaga and Offloading (FSO) Cinta Natomas. Melalui sinergitas selama ini operasi perusahaan berjalan dengan lancar. 

"Terimakasih dari PHE pak Daryono dan pak Jabar. Semoga sinergi ini di Tuban bisa istiqomah," ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban, Bambang Irawan, mengucapkan atas nama Pemkab memberi apresiasi kepada Pertamina EP Field Sukowati atas pelestarian pesisir ini. Kegiatan tersebut diharapkan tidak sekedar seremonial. Artinya harus dievaluasi setiap tahunnya. 

"Kami minta data berapa jumlah pohon yang hidup. Supaya memudahkan dalam evaluasi," sambung Bambang. 

Pemkab mendorong semua industri menggulirkan CSR di masyarakat sekitarnya. Bukan besar kecilnya nominal, tapi seberapa besar program tersebut mendorong kemandirian warga. 

Disamping itu, pelaku industri juga memiliki tanggung jawab sosial di sekitar operasinya, baik sumber daya air, maupun mengganti pohon yang terdampak akibat plengsengan maupun pelebaran jalan.

Seperti terjadi di daerah Prambon, Kecamatan Rengel, semua tanaman terdampak akibat pembangunan plengsengan. Wilayah tersebut masih merupakan tanggung jawab Pertamina EP Aset 4.

"Semoga hal-hal seperti itu menjadi evaluasi perusahaan," ujarnya.

"Industri boleh beroperasi di Tuban, tapi jangan sampai merusak, karena kita tidak akan tinggal diam," lanjutnya mengingatkan. 

Camat Jenu, Moh. Maftuchin Reza, berterimakasih kepada Pertamina EP Aset 4 Field Sukowati yang sudah melaksanakan penanaman pohon di wilayahnya. Di Kecamatan Jenu memiliki garis pantai kurang lebih 15-20 Kilometer (Km). 

Mantan Camat Bangilan ini, menambahkan minimal target panjang pantai 65 Km bisa terpelihara, dan yang rusak juga diganti melalui program CSR. Khususnya bagi warga sekitar, jika hendak menebang minimal ada izin dari instansi terkait. 

"Kegiatan ini harus ada evaluasi baik internal dan Pemkab. Semoga tanam pohon ini diberkahi, dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar," sarannya. 

Pengelola Mangrove Center Tuban di Desa/Kecamatan Jenu, Ali Mansyur menjelaskan evaluasi penanaman harus dilakukan agar hasilnya maksimal. 

"Panjang pantai di Tuban 65 Km, berkat kerjasama RPS dan perusahaan di Bumi Wali sudah ada sekitar 19,8 Km pantai yang hijau," paparnya. 

Penanaman pohon oleh Pertamina EP Aset 4 Field Sukowati ini juga dihadiri Kades Jenu beserta jajarannya. Perwakilan PT PHE Tuban East Java, dan Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban. (aim)

Dibaca : 800x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan