Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pelajar Jipang Ikut Rencanakan Pembangunan Desa

Editor: nugroho
Senin, 17 November 2014
ahmad sampurno
KREATIF : Pelajar Jipang sedang membuat replika potensi untuk mendukung pembangunan desa.

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Pelajar di Desa Jipang, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, membuat replika dan gambar tentang potensi desa. Gambar itu akan digunakan sebagai acuan bagi tim ahli untuk melakukan perencanaan dan pengembangan Desa Jipang yang syarat akan sejarah dan nilai kebubadyaan.

“Hasil dari lukisan, dan maket ini akan dikirim ke provinsi untuk ditindaklanjuti tim dari provinsi,” kata kepala Desa Jipang, Ngadi kepada suarabanyuurip.com.

Menurut dia, Desa Jipang sangat potensial untuk dijadikan tujuan wisata. Pasalnya, di desa tersebut terdapat peninggalan pada masa kekuasaan Arya Jipang.

“Kalau dijadikan tujuan wisata di sini sangat cocok. Soalnya banyak warga dari luar kota datang berziarah di makam Gedong Songo maupun makam Santri Songo,” kata Ngadi.

Sementara itu, Ketua Tim Inti Pelakasana Pembangunan (TIPP) Desa Jipang, Kasmiran, menjelaskan, banyak lokasi potensial di kawasan Jipang yang bisa dibangun dan dikembangkan. “Untuk itu, kami melibatkan pelajar setempat untuk ikut andil dalam perencanaan ini melaui gambar maupun maket, setelah mereka kami ajak untuk berkeliling Desa,” kata Kasmiran.

Dalam kegiatan itu, pelajar terbagi dalam beberapa kelompok untuk menuangkan kreatifitas rencana pembangunan. Yakni  kelompok TK, SD, SMP, dan SMA. Untuk kelompok TK menuangkan dalam bentuk mewarnai pada gambar yang telah disiapkan. Kelompok SD mengambar atau melukis hasil pengamatan yang telah dilakukaan saat berkeliling desa dan kelompok SMP diminta untuk menggambar dan melukis lokasi yang perlu dikembangkan.

"Sedangkan untuk kelompok SMA mereka membuat maket untuk Desa Jipang,” pungkas Kasmiran.(ams)

Dibaca : 978x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan