Rabu, 24 Oktober 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Pelaku UMK Diberikan Kemudahan Fasilitas

Editor: samian
Minggu, 15 April 2018

SuaraBanyuurip.comTotok Martono

Lamongan - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, melakukan banyak terobosan untuk menumbuhkembangkan pengusaha di Bumi Sunan Drajat (sebutan lain Lamongan).

Diantaranya melindungi produk Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Lamongan memfasilitasi Perizinan Industri Rumah Tangga (P-IRT), sertifikasi halal dan merek atau hak paten.

Sampai saat ini terdapat 75 UMKM yang telah memiliki P-IRT, 15 sertifikasi halal dan 15 telah dipatenkan mereknya. Tak hanya itu Dinas Koperasi dan Usaha Mikro juga memberikan sejumlah pelatihan.

"Pada tahun 2018 ini, pelatihan difokuskan pada UMKM yang bergerak di bidang fashion, khususnya batik," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Anang Taufik.

Kemudian fasilitasi berupa peningkatan jaringan kerjasama dalam rangka pemasaran dengan koperasi besar serta pelatihan packaging.

Terkait akses pemasaran, tahun 2018 ini juga akan dilaunching Rumah Kreatif Lamongan (RKL). Ini diharapkan menjadi wadah Pemkab Lamongan dalam memberikan pembinaan bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas mereka.

Di RKL ini pula, akan disediakan jasa desain kemasan (packaging) serta logo produk. UMKM juga bisa memasukkan produknya untuk dipasarkan secara daring melalui website Lamongan Mart.

Pada tahun ini juga terdapat program penumbuhan wirausaha untuk 3 ribu orang di 100 desa dengan memberikan bantuan 300 unit alat untuk olahan makanan, minuman dan kerajinan.(tok)

Dibaca : 625x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan