Rabu, 20 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pelatihan untuk Timlak PIP EMCL

Editor: samian
Kamis, 10 Agustus 2017
12
d suko nugroho
TINGKATKAN SDM : Perwakilan EMCL di damping camat Gayam dan perwakilan dari LSM pendaing saat pembukaan pelatihan timlak PIP.
SuaraBanyuurip.com
Anggota Timlak PIP serius mengikuti pelatihan

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro – Sebanyak 50 anggota tim pelaksana (Timlak) program peningkatan infrastruktur publik (PIP) 2017 dari enam desa di wilayah Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendapat pelatihan yang dipusatkan di Gedung Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Desa Ringintunggal, kecamatan setempat, Kamis (10/8/2017).

Keenam desa di ring satu Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, tersebut adalah Desa Gayam, Bonorejo, Begadon, Ringintunggal, Cengungklung, dan Katur. Program ini didampingi tiga lembagawa swadaya masyarakat (LSM), mitra ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), operator migas Blok Cepu yakni Banyuurip Peduli Pendidikan (Bappeka), Farabi, dan Tropis Indonesia.  

 “Masing-masing desa menggirimkan lima anggota dan empat timnya untuk mengikuti pelatihan ini,” kata Musyadad perwakilan Tropis Indonesia di temui di sela-sela pelatihan.

Pelatihan ini sebagai tahapan sebelum program dilaksanakan. Ada beberapa jenis kegiatan infrastruktur yang didampingi tiga LSM tersebut. Bappeka meliputi pembangunan jalan paving di Desa Katur dan Dusun Sumurpandan, Desa Gayam, serta pembangunan Gedung PKK di Desa Cengungklung.

“Ini tindaklanjut dari musyawarah desa dan pembentukan panitia timlak beberapa waktu lalu,” sambung perwakilan Bappeka, M Suparno di lokasi pelatihan.

Sedangkan LSM Farabi mendampingi Pembangunan Gedung Karang Taruna Desa Bonorejo, dan Gedung RA di Dusun Templokorejo, Desa Gayam.

“Untuk Gedung RA yang dibangun satu ruang kelas, guru dan renovasi atap,” kata Tenaga Ahli Farabi, Arif Hartoyo.

Untuk LSM Tropis mendampingi pembangunan satu ruang gedun RA di Desa Ringintunggal, dan tembok penahan tanah (TPT) di Desa Begadon.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber tenaga teknik dari masing-masing LSM pendamping program, dan tenaga teknik dari EMCL. Materi yang diberikan mulai dari seputar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) timlak,  teknis pengerjaan, moving material, pekerja, dan administrasi.

Perwakilan EMCL, Feni K Indiharti dalam sambutanya menjelaskan program PIP yang dilaksanakan ini merupakan bentuk komitmen EMCL kepada masyarakat sekitar. Program ini berdasarkan usulan dari masyarakat di masing-masing desa melalui pemerintah desa yang sudah disetujui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas).

“Kami berharap program yang dilaksanakan nanti benar-benar sesuai yang telah direncanakan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporannya,” pesan Feni.

Sebelum PIP dilaksanakan dalam waktu dekat ini desa-desa yang menjadi sasaran program akan melaksanakan musyawarah desa (Musdes) pelaksanaan program.

“Kami berterimakasih kepada EMCL yang sudah membantu pemerintah mempercepat perbaikan infrastruktur khususnya di wilayah Gayam. Dengan program yang akan dilaksanakan ini akan semakin meningkatkan dan memperlancar kegiatan masyarakat,” tambah Camat Gayam, Hartono yang membuka pelatihan tersebut. (suko)

Dibaca : 168x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan