PEM Akamigas Hadirkan Kepala BPH Migas

Jum'at, 30 Agustus 2019, Dibaca : 262 x Editor : rozaqy

Ahmad Sampurno
PEM Akamigas Kementerian ESDM dan BPH Migas


SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

 

Blora – Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Kementerian ESDM, menghadirkan kepala Badan Pengatur Hilir (BPH) Minyak dan Gas Bumi (Migas), M. Fanshurullah Asa. Dalam agenda 1 Day With Experts (1DWE) dengan tema “Tantangan Ketahanan Energi di Negara Kepulauan Indonesia” di gedung Graha Oktana PEM Akamigas.. Jum’at (30/8/2019).

Baca Lainnya :

    Wakil Direktur III, PEM Akamigas, Bambang Yudho Suranta, dalam sambutannya, memperkenalkan PEM Akamigas yang memiliki 5 Program Studi. Diantaranya adalah Teknik Produksi Minyak dan Gas, Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, Teknik Instrumentasi Kilang, Teknik Mesin Kilang, dan Logistik Minyak dan Gas. 

    Meski di kota kecil, kata dia, PEM Akamigas telah banyak meraih prestasi melalui berbagai kompetisi baik yang tingkat nasional maupun internasional. 

    Baca Lainnya :

      “Negara kita adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Perlu kita simak bagaimana BPH Migas menghadapi tantangan ketahanan energi di negara kepulauan sebesar Indonesia ini,” tandasnya. 

      Sebelum menyampaikan materinya, Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa, menyampaikan bahwa BPH Migas berbeda dengan SKK Migas.

      SKK Migas, menurut dia, bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi. Sedangkan BPH Migas, lanjutnya, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak dan pengangkutan gas bumi.

      “Melalui pipa, dalam suatu pengaturan agar ketersediaan dan distribusi bahan bakar minyak, yang ditetapkan pemerintah dapat terjamin. Di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta meningkatkan pemanfaatan gas bumi di dalam negeri,” ujarnya. 

      Dijelaskan, BPH Migas memiliki sejumlah tugas. Diantaranya, untuk mengatur dan menetapkan Ketersediaan dan Distribusi Bahan Bakar Minyak, Cadangan Bahan Bakar Minyak Nasional, Pemanfaatan Fasilitas Pengangkutan dan Penyimpanan Bahan Bakar Minyak, Tarif Pengangkutan Gas Bumi untuk Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil, Harga Gas Bumi untuk Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil, Pengusahaan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi. (ams)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more