Jum'at, 21 September 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Pembebasan Lahan Lapangan Minyak Kedung Keris Belum Tuntas

Editor: nugroho
Rabu, 11 Juli 2018
dok/sbu
BELUM BERES : Pembebasan lahan untuk perlintasan pipa Lapangan KDK belum selesai sampai sekarang.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Proses pembebasan lahan untuk pengembangan Lapangan Minyak Kedung Keris (KDK), Blok Cepu, di Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, belum terselesaikan. 

Pembebasan lahan tersebut rencananya untuk perlintasan pipa. Pipanisasi ini untuk mengalirkan minyak mentah dari KDK menuju pusat fasilitas pemrosesan (central processing facility/CPF) Banyuurip di Kecamatan Gayam, sebelum dialirkan ke penampungan di lepas pantai Palang Tuban.

Pipanisasi dikabarkan akan dilaksanakan pada awal Agustus 2018. Pekerjaan dilakukan oleh PT Maindo.

"Target awal, pembebasan lahan yang sebagian besar berupa sawah ini selesai akhir Juli 2018," kata Kepala Desa Sukoharjo, Dwi Setiyono, saat dihubungi Suarabanyuurip.com, Rabu (11/7/2018). 

Menurutnya, belum terselesaikannya pembebasan lahan tersebut karena terkendala legalitas lahan milik warga. Dari 16 orang pemilik lahan, baru 8 yang sudah mulai proses pembelian dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) selaku operator Lapangan Kedungkeris. 

"Masih 8 orang lagi, sekarang proses sertifikasi lahan di Kantor Pertanahan Negar," ungkapnya. 

Sertifikasi sawah tersebut bukan tanpa masalah, karena sawah yang statusnya atas nama orang lain karena dulunya tidak ada akta jual beli yang sah, kini harus melakukan proses sertifikasi lahan dari nol. 

"Ya semoga lekas selesai agar proyeknya cepat berjalan," tandasnya. 

Seperti diketahui, dengan cadangan minyak 20 juta barel per hari, Exxonmobil Cepu Limited (EMCL) menargetkan lapangan Kedung Keris bisa memproduksi hingga 10.000 bph. 

Untuk tahap awal diharapkan sudah beroperasi pada 2019. Jika ditambah produksi Banyu Urip yang saat ini mencapai di atas 200.000 bph, maka produksi  dari Blok Cepu bisa lebih lama. 

 

Dibaca : 488x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan