Jum'at, 22 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pemdes Antisipasi Gejolak Sosial Proyek KDK

Editor: nugroho
Kamis, 13 November 2014

SuaraBanyuurip.com - Athok Moch Nur Rozaqy

Bojonegoro- Pemerintah desa (Pemdes) sekitar Lapangan Kedung Keris (KDK), Blok Cepu, di Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan sudah berupaya mengantisipasi adanya gejolak sosial. Salah satunya melakukan koordinasi dengan operator migas Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

Kepala Desa Sukoharjo, Dwi Setyono, mengatakan, pihaknya telah melakukan pembahasan dengan EMCL untuk mengantisipasi adanya gejolak sosial pada proyek eksplorasi lapangan KDK yang akan mulai dilaksanakan pada 2015 mendatang.

"Pada saat sosialisasi kami minta tenaga kerja harus orang lokal, kecuali tenaga ahli," kata Dwi Setyono kepada Suarabanyuurip.com Kamis (13/11/2014).

Ia menegaskan, disamping kategori pekerjaan non skill, pemdes meminta agar pekerjaan yang bisa dilakukan orang lokal, sekiranya diutamakan bagi warganya. 

"Termasuk pekerjaan yang sekiranya mampu dikerjakan orang lokal, harus dikerjakan orang lokal," tambahnya.

Pria yang akrab disapa Pak Yon ini menuturkan, aspirasinya telah mendapat respon dari EMCL. Pihaknya berharap agar persoalan keterlibatan tenaga kerja menjadi komitmen. Sebab, jika tidak, kades mengaku tidak akan mengambil resiko jika suatu misal terjadi gejolak sosial.

"Dan semua sudah direspons oleh EMCL. Karena kalau tidak diperhatikan, kami tidak bertanggung jawab bila terjadi demo," tuturnya.

Namun begitu, hingga saat ini, Dwi Setyono enggan berspekulasi lebih jauh. Dia menyatakan kondisi warga masih relatif tenang. "Alhamdullilah sampai saat ini tidak ada gejolak," ucapnya.

Salah satu tokoh masyarakat desa setempat, Latif mengungkapkan, meski telah dilakukan pembicaraan dalam tenaga kerja, namun hal itu belum tentu menjamin kondisi sosial ekonomi warga sekitar. Terlebih warga hanya dilibatkan untuk tenaga kasar. Selain itu, arahan maupun pembekalan ketrampilan belum pernah diberikan.

"Kemarin juga sempat mau ada yang demo," imbuhnya.(roz)

Dibaca : 753x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan