Pemdes Mojodelik Anggarkan Rp550 Juta untuk PJU

Rabu, 06 November 2019, Dibaca : 302 x Editor : samian

dok SBU
Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu.


SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Pemerintah Desa (Pemdes) Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengaku, telah menganggarkan pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU) didalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2019 sebesar Rp550 juta.

"Dalam APBDes 2019 kita anggarkan Rp550 juta untuk pembangunan PJU. Penerangan jalan ini sangat dibutuhkan warga. Karena, dari dulu belum ada penerangan sama sekali di desa kami," kata Kepala Desa (Kades) Mojodelik, Yuntik Rahayu, kepada Suarabanyuurip.com, Rabu (6/11/2019).

Baca Lainnya :

    Yuntik mengaku, telah mengusulkan pembangunan PJU melalui Musrenbangdes agar dibantu oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro. Namun, sampai saat ini belum ada jawaban. Justru, Pemkab membangun PJU di jalur poros Kecamatan Gayam-Ngasem.

    "Pembangunan PJU di poros kecamatan itu, mau saya pertanyakan. Ada apa tidak, jatah untuk desa," ungkapnya.

    Baca Lainnya :

      Jika ada jatah pembangunan PJU untuk desa sekitar Lapangan Banyu urip, Blok Cepu, maka pihaknya bisa memindahkan PJU-PJU yang ada disepanjang desa ke lorong-lorong desa. Karena masih banyak sekali lorong atau gang desa yang masih gelap gulita.

      "Kalaupun ada, yang di jalan desa saya pindahkan ke lorong," tukasnya.

      Menurutnya, pembangunan PJU membutuhkan anggaran yang sangat besar. Selain peralatan yang mahal, juga membutuhkan perawatan yang berkala. Jika tidak, maka lampu bisa rusak dan mati.

      "Kalau rusak, biayanya malah lebih besar lagi," tegas kades ring 1 Lapangan Migas Banyu Urip ini.

      Terpisah Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya, Welly Fitrama, menyebutkan, untuk pemasangan PJU tidak bisa serta merta karena adanya ketentuan bahwa Pemerintah Desa bukan penerima hibah dalam bentuk barang.

      "Supaya lebih jelas kades bisa berkomunikasi atau koordinasi dengan teman-teman yang menangani PJU," pungkasnya. (rien)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more