Senin, 25 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Tak Libatkan Naker Lokal

Pemkab Tuban Ancam Cabut Ijin Usaha

Editor: nugroho
Rabu, 25 Juni 2014
edy purnomo
GUNTING PITA :Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, saat membuka Job Fair yang di selenggarakan Dinsosnakertrans.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, mengancam akan mencabut ijin usaha sejumlah perusahaan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yang tidak memiliki iktikad baik untuk melibatkan tenaga kerja lokal.

Kegeraman Wabup ini muncul, ketika ditanya mengenai tidak ikutnya perusahaan besar yang berdiri di Tuban dalam acara Job Fair, atau bursa kerja yang digelar Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Tuban.

Beberapa perusahaan tersebut, ternyata juga sejumlah operator Minyak dan Gas Bumi (Migas) yang mempunyai wilayah operasi di Tuban. Diantaranya Operator Migas Blok Tuban, Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ). Operator Migas Blok Cepu yang mempunyai lintasan pipa minyak dan menanam pipa di perairan laut utara, Operator Asset IV Field Cepu, Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP).

“Sejak awal ketika perusahaan datang dan meminta ijin usaha, saya selalu menanyakan komitmennya untuk melibatkan tenaga kerja lokal. Kalau itu tidak dipenuhi Pemkab akan cabut ijin usaha mereka,” kata Wabup menegaskan, Rabu (25/6/2014).

Sebelumnya dia mengatakan, kalau angka pengangguran di Kabupaten Tuban tergolong tinggi. Catatan dari Dinsosnakertrans yang dia terima saat ini ada sekitar 35 ribu orang. Sementara menurut estimasi dia sendiri per tahun angka pengangguran bertambah sekitar 9 ribu orang. Dilihat dari lulusan SMA yang sebagian besar tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

“Makanya, meskipun punya mekanisme perekrutan sendiri tetap harus ikut andil dalam perekrutan tenaga kerja,” kata Noor Nahar.

Selain operator Migas, beberapa perusahaan besar juga dianggap tidak menggubris acara Job Fair yang digelar di Tuban diantaranya adalah PT Semen Indonesia, Tbk, PT Holcim Indonesia, Tbk, dan juga PT Multi Baja Industri (MBI).(edp)

Dibaca : 642x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan