Jum'at, 22 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pemkab Tuban Bertumpu pada Sektor Migas

Editor: nugraha
Kamis, 06 Juni 2013
suarabanyuurip.com/edi
SEGERA DIBOR : Lokasi rencana pemboran Sumur Sumber dalam tahap plooting peralatan dilokasi Sambonggede, Tuban.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Rencana eksplorasi di Sumur Sumber di Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur oleh Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) membawa harapan baru banyak pihak, tak terkecuali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Kandungan sumber daya alam (SDA) itu dipastikan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor migas jika sumur tersebut dieksploitasi.

Kabag Humas dan Media Pemkab Tuban, Sulistiyadi, mengatakan, apabila pemboran Sumur Sumber selesai dilakukan dan ditemukan cadangan kandungan minyak mentah yang bisa dieksploitasi tentunya hal tersebut juga berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kalau memang bisa dieksploitasi, tentunya PAD kita akan bertambah,” kata Didit, sapaan akrab Sulistiyadi.

Dia menerangkan, selama ini Pemkab menerima Dana Bagi Hasil (DBH) dari aktifitas pengeboran minyak mentah yang sudah dilakukan JOB PPEJ untuk mengelola Sumur Mudi dan Sukowati. Penghitungan DBH itu disesuaikan dengan peraturan pemerintah (PP) No 55 Tahun 2005 tentang Dana Perimbangan.

Dimana bagian daerah, kata dia, adalah 15 persen dari hasil Migas. Dengan rincian 3 persen DBH masuk di Propinsi, 6 persen DBH untuk kabupaten penghasil (ditambah 0,5 persen sumbangan untuk pendidikan), serta Kabupaten lain bukan penghasil sebesar 6 persen.

“Penghitungan DBH sesuai dengan PP No 55 Tahun 2005 mengenai Dana Perimbangan,” pungkasnya.

Diketahui, tidak lebih dari 10 hari lagi sumur sumber akan dieksplorasi oleh JOB PPEJ. Saat ini, JOB PPEJ mengaku masih lakukan plooting dan pemasangan peralatan. Sebelum mendatangkan Inspektor dari Ditjen Migas, untuk memastikan standart kemanan disana. (edp)

Dibaca : 1026x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan