Senin, 24 Juni 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Pemohon Kartu Kuning di Blora Meningkat Pascalebaran

Editor: nugroho
Selasa, 11 Juni 2019
Ahmad Sampurno
MEMBLUDAK : Pemohon kartu kuning saat mengantre di Disperinaker Blora.
TERKAIT:

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Pemohon kartu pencari kerja (Ak-1) atau kartu kuning di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Blora, Jawa Tengah, mengalami peningkatan pascalibur lebaran, Senin (10/6/2019). Sebagian besar pemohon mengajukan untuk persyaratan mendaftar pekerjaan di luar kabupaten.

Kepala Bidang Penempatan, Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disperinaker Blora, Lilik Ali Mahmudi mengatakan, jika hari biasa rata-rata pemohon kartu kuning sebanyak sepuluh orang, sementara pada awal masuk kerja mencapai 150 orang. Pemohon tidak dipungut biaya. 

"Rata-rata untuk mencari pekerjaan di luar kabupaten baik di Provinsi Jawa Tengah atau ke luar daerah seperti di Jakarta, Bandung dan lainnya," ujarnya kepada suarabanyuurip.com.

Meningkatnya pemohon kartu kuning ini, menurut Kepala Seksi Penta Dinperinaker Joko Setyo Untoro, menunjukkan tingkat kesadaran akan kegunaan kartu tersebut.

“Warga pencari kerja semakin sadar akan kegunaan kartu kuning untuk keperluan mencari pekerjaan," sambung Joko.

Dijelaskan kartu kuning merupakan salah satu persyaratan yang harus dimiliki oleh setiap pencari kerja. Setiap enam bulan, para pemilik kartu wajib melaporkan ulang atau memperbaruhi. 

"Dengan begitu bisa dipantau apakah pencari kerja sudah mendapat pekerjaan atau belum," ujarnya.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat mengurus kartu kuning. Antara lain foto copy identitas (KTP), ijazah dan foto diri.

Wati, salah seorang pemohon mengaku baru pertama kali mengajukan kartu kuning. Rencana kartu tersebut akan digunakan untuk melamar pekerjaan di luar kabupaten. 

"Untuk syarat melamar kerja di Semarang," ujarnya saat sedang antre menunggu pelayanan. (ams)






Dibaca : 195x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan