Senin, 19 Agustus 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Pemuda Blok Cepu Belajar Batik dan Sablon di Jogja

Editor: nugroho
Senin, 16 Juli 2012
sam
Tingkatkan SDM : para peserta stuba ketika di Ndalem Tjokrosoemarta memperoleh penjelasan sebelum bertolak menuju Batik Lawean.

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Yogyakarta - Kaum pemuda di enam desa di tiga kecamatan sekitar lapangan migas Banyuurip - Jambaran, Blok Cepu melakukan studi banding (Stuba) ke Yogyakarta, Senin (16/7/2012). Kegiatan study tour ini merupakan rangkaian program pengembangan industri kreatif yang dilaksanakan Mobil Cepu Limited (MCL), operator Blok Cepu bekerjasama dengan Ademos.

Enam desa itu adalah Desa Ngasem dan Sendangharjo, Kecamatan Ngasem. Kemudian Desa Dander dan Ngunut, Kecamatan Dander, serta Desa Sukoharjo dan Leran, Kecamatan Kalitidu.

Aziz Gozali, Ketua Ademos mengatakan studi tour yang dilakukan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan Batik Jonegoroan dan sablon kaos yang mulai digeluti para pemuda di sekitar pemboran migas Blok Cepu. Studi banding akan berlangsung selama dua hari hingga Selasa (17/7) besok.

"Karena itu dalam program (pengembangan industri kretaif) disasarkan kepada karang taruna dan ibu-ibu PKK. Setiap desa mengirim 25 orang untuk mengikuti studi banding," ujar Gozali kepada www. suarabanyuurip yang berkesempatan mengikuti studi tour.

Ada empat lokasi tujuan dalam studi banding ini. Yakni yang pertama rombongan akan menuju Ndalem Tjokrosoemarta dilanjutkan ke kampung Batik Lawean, Universitas Gajah Mada (UGM), dan diakhiri di Kampung Kaos Dagadu.

"Kita memilih Jogja karena disini terkenal dengan industri batik maupun kaos dagadu. Kita ingin para peserta mendapat tambahan wawasan tentang usaha itu untuk bekal mengembangkan usaha yang digelutinya nanti. Mulai dari manajemennya, kualitas produksi hingga pemasarannya," papar Gozali.

Arif, salah satu peserta dari Desa Ngasem, mengaku senang dapat mengikuti studi banding ini. Menurut dia, program yang dilaksanakan MCL - Ademos sangat mengena bagi kawula muda untuk menambah pengalaman dalam mengembangkan bidang usaha kedepan.

"Kita akan semakin tahu bagaimana cara mengembangkan usaha," sambungnya.

 

 

Dibaca : 1791x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan