Jum'at, 19 Januari 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pemuda Sekitar Semen Gresik Minta Dipekerjakan

Editor: samian
Sabtu, 09 Desember 2017
Ali Imron
DIALOG : Siswanto (pegang mikrofon) memberi penjelasan soal rekrutmen tenaga kerja ring 1 SG.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Puluhan pemuda dari beberapa desa sekitar Semen Gresik (SG) Kerja Sama Operasional (KSO) Semen Indonesia menduduki pabrik semen Tuban, di Desa Sunberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kelompok yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda Pengangguran Ring I Semen Gresik ini, datang mengendarai motor minta dipekerjakan di perusahaan BUMN tersebut.

"Kami minta Semen Gresik tidak menutup mata dengan maraknya pengangguran di sekitar pabrik," ujar Koordinator aksi Bowo, kepada suarabanyuurip.com, Jumat (8/12/2017).

Pemuda ring 1 SG menilai, perusahaan plat merah itu telah mendiskriminasi dan mengabaikan pemuda lokal. Sama-sama Ring satu Semen Gresik, kenapa yang lain bisa bekerja disini dan lainnya tidak.

Padahal setiap hari semua pemuda juga mendengar bisingnya suara-suara mesin pabrik berbungnyi. Menghirup debu semen dan gemuruh peledakan di area tambang. Ini namanya diskriminasi.

"Hentikan diskriminasi ini,"  tegas perwakilan pemuda dari Desa Sumberarum, Indra.

Perwakilan Bina Lingkungan Semen Gresik, Siswanto menjelaskan, selama ini pekerjaan yang ada telah diisi dari pekerja ring satu. Soal rekrutmennya langsung diserahkan kepada subkontraktor.

"Yang jelas kita mewajibkan seleksi dilakukan secara terbuka dan memprioritaskan warga Ring satu," sergahnya.

Berikutnya para pemuda ring satu meminta Bina Lingkungan SG untuk memfasilitasi dialog dengan para subkontraktor di lingkungan Semen Gresik. Terkait bagaimana melakukan perekrutan tenaga kerja salama ini.

"Kami tidak muluk-muluk ingin jadi pegawai semen," timpal pemuda dari Desa Karang Asem, Kecamatan Jenu, Chanif.

Para pemuda hanya ingin kerja meski hanya dilingkup tenaga kasar. Apabila Semen Gresik tidak bisa mengatasi masalah pengangguran ini, tutup saja pabrik semen ini. (Aim)

Dibaca : 644x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan