Rabu, 13 Desember 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pemuda Sempu Dilatih Budidaya Jamur Merang

Editor: samian
Selasa, 21 November 2017
Ahmad Sampurno
ANTUSIAS : Puluhan pemuda Desa Sempu antusias mengikuti pelatihan kewirausahaan membudidaya jamur merang.

SuaraBanyuurip.comAhmad Sampurno

Blora - Potensi kekayaan sumber daya alam harus bisa digali lebih dalam, supaya memberikan manfaat maksimal bagi kehidupan masyarakat. Terlebih, beragam potensi tumbuh-tumbuhan yang sesungguhnya memberikan manfaat positif. Satu diantaranya adalah tumbuhan jamur merang.

Sebanyak 50 orang pemuda Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mengikuti pelatihan penguatan wirausaha yang digelar oleh Fasilitator Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) Kemanterian Pemuda Dan Olahraga Repubik Indonesia (Kemenpora RI) di balai desa setempat, Minggu (19/11/2017) kemarin.

Menurut Tulus Prihadi, Fasilitator PMMD Kemenpora RI Desa Sempu, Pelatihan penguatan wirausaha tersebut difokuskan pada budidaya jamur merang. Hal itu dilakukan, lantaran dirinya  ingin membuat pemuda desa siap menghadapi persaingan global.

"Kami berharap dapat memotivasi para pemuda untuk membuka usaha mandiri budidaya jamur sekala rumah tangga," katanya, kepada suarabanyuurip.com, Senin (20/11/2017).

Pria kelahiran 9 April 1991 itu menambahkan, budidaya jamur merang memiliki prospek usaha yang menjanjikan, bernilai ekonomi tinggi, target pemasaran luas dan cara pembudidayaan mudah serta dapat dilakukan dalam skala rumah tangga.

"Kegiatan pelatihan itu merubah mindset masyakarat agar tidak bergantung pada satu jenis mata pencaharian. Memotivasi agar masyarakat berani membuka usaha sendiri," kata dia.

Semantara, Suwarno, Kepala Desa Sempu mengapresiasi atas terselangaranya kegaiatan pelatihan budidaya jamur merang ini.

"Apresiasi yang setinggi-tinginya untuk kegiatan Program Pemuda Mandiri Membangun Desa sebagai lengkah awal untuk menciptakan pemuda wirausaha," kata dia.

Melalui pelatihan itu, lanjut Suwarno, diharapkan tercipta pemuda-pemuda wirausaha  yang memiliki motivasi, keterampilan dan mampu memanfaatkan peluang wirausaha, sesuai dengan potensi diri dan potensi sumber daya lingkungan.

 

"Sehingga mampu meningkatkan produktifitas diri dan lingkungannya," pungkasnya.(Ams)

Dibaca : 156x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan