Sabtu, 18 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pemutakhiran DPS Belum Rampung

Editor: nugroho
Rabu, 19 Juni 2013

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur masih mensisakan satu kecamatan. Seharusnya, pemutakhiran DPS dijadwalkan telah tuntas pada 15 Juni lalu, Rabu (19/6/2013).

Hal ini diungkapkan Devisi Pendaftaran Pemilu KPU Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini. Dia menyatakan, telah melakukan konfirmasi ke kecamatan untuk sesegera mungkin menyelesaikannya agar  dapat dimasukkan ke data milik operator.

“Tinggal satu Kecamatan yang belum masuk operator pemutakhiran pemilih,” kata Yayuk tanpa menyebut nama kecamatan.

Dia pastikan, hari ini semua data pemutakhiran DPS sudah selesai untuk ditindak lanjuti dengan mengirim ke KPU Provinsi untuk dicetak. Setelah selesai, KPU Provinsi akan mengirim kembali ke KPU Kabupaten Tuban.

“Setelah selesai data pemutakhiran akan kami kirim ke KPU Provinsi, setelah itu akan dicetak dan dikirim kembali kesini,” ungkapnya.

Dijelaskan Yayuk, data DPS masih bisa berubah dengan adanya dasar berupa laporan dari masyarakat sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemil Tetap (DPT). Tanggapan masyarakat akan terjadi, ketika hasil cetakan DPS dikirim ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui PPK untuk diumumkan ke Publik.

“Setelah ada tanggapan masyarakat ketika DPS diumumkan ke publik, tentu akan ada perubahan sebelum menjadi DPT,” terangnya.

Perubahan DPS sebelum ditetapkan menjadi DPT juga disebabkan beberapa hal lain. Seperti belum terdata, memiiliki data ganda, yang bersangkutan meninggal, atau pun adanya pemilih pemula.

“DPS akan diumumkan sampai tanggal 1 Juli mendatang,” pungkasnya. (edp)

Dibaca : 957x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan