Senin, 24 Juni 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Pendapatan PI Blok Cepu Rp1,7 Triliun Ngendon di Rekening PT ADS

Editor: nugroho
Jum'at, 24 Mei 2019
dok/sbu
Kepala Bagian Perekonomian Bojonegoro, Rahmat Djunaidi.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Pemkab Bojonegoro, Jawa Timur membenarkan jika Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Asri Dharma Sejahtera (ADS) telah menerima keuntungan Rp1,7 triliun dari penyertaan modal (Participating Interes/PI) Blok Cepu.

Uang tersebut masih di dalam rekening PT ADS, dan belum dibagihasilkan dengan PT Surya Energi Raya (SER), sebagai mitra penyandang dana PI Blok Cepu.

Sesuai perjanjian, pembagiannya 25%PT ADS dan 75% untuk PT SER. Selain itu, PT ADS baru menerima keuntungan setelah semua modal yang dikeluarkan SER kembali.

"Masih direkening ADS, belum diapa-apain," kata Kepala Bagian Perekonomian Bojonegoro, Rahmat Djunaidi kepada suarabanyuurip.com di lantai satu Gedung Pemkab  beberapa waktu lalu.

Agar uang Rp1,7 triliun itu bisa diberikan kepada PT SER harus dilakukan rapat umum pemegang saham (RUPS) lebih dulu dan melalui persetujuan direktur utama.

Sementara RUPS tahun 2017 belum dilaksanakan, dan direktur utama definitif PT ADS belum ada sampai sekarang pasca selesainya masa jabatan dirut lama pada 31 Oktober 2018 lalu.

Sekalipun demikian keterlambatan pengisian direktur utama maupun RUPS ini tidak menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Begitu juga terkait ngendonnya uang Rp1,7 triliun di rekening PT ADS.

"Sampai sekarang tidak ada temuan dari BPK ya," ujar pria berkacamata minus ini.

Ditanya kapan pengisian Direktur Utama PT ADS, Rahmat enggan menanggapinya. Padahal sebelumnya dia menyampaikan telah dibentuk panitia seleksi, namun tidak ada pengumuman secara terbuka kepada publik.

"Maaf kalau itu, saya belum bisa jawab," tukasnya.

Untuk diketahui, pendapatan PI Blok Cepu yang diterima ADS berupa minyak mentah dan cost recovery dari Lapangan Banyu Urip. Dari penerimaan porsi minyak mentah tersebut, tahun 2019 ini PT ADS memiliki pendapatan sebesar USD120 juta atau sekitar Rp1,7 triliun.

Sementara, sejak tahun 2009 hingga 2015, PT ADS telah melakukan investasi melalui mitranya, PT SER. Sesuai perjanjian, PT ADS harus mengembalikan investasi kepada PT SER senilai Rp1,363 triliun.

Setelah investasi dibayarkan, baru PT ADS mendapat bagi hasil. Skemanya, 75% untuk PT SER, dan 25% untuk PT ADS.

 

Dibaca : 3270x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan