Rabu, 13 Desember 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pendidikan Wilayah Pinggiran Butuh Perhatian Khusus

Editor: samian
Selasa, 28 November 2017
Ahmad Sampurno
Bupati Blora, Djoko Nugroho saat memberikan penjelasan di seminar pendidikan.

SuaraBanyuurip.comAhmad Sampurno

Blora - Pendidikan di wilayah pinggiran hutan Kabupaten Blora, Jawa Tengah, perlu mendapat perhatian khusus. Pasalnya, pendidikan yang berada di pelosok desa dianggap masih kurang. Hal itu menjadi perhatian Bupati Blora, Djoko Nugroho, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut.

Menurut bupati,  dalam hal ini kedudukan guru sangat penting dalam memajukan pendidikan, terlebih pendidikan di daerah pinggiran atau desa pelosok hutan. Apalagi saat ini ada beberapa sekolah di pinggiran yang tidak memiliki guru PNS, semuanya GTT.

“Hanya Kepala Sekolahnya saja PNS. Jadi nanti kita akan melakukan penataan agar persebaran guru merata demi peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Blora,” tandas bupati, Selasa (28/11/2017).

Dalam waktu dekat, kata bupati, akan ada pengisian Kepala Sekolah. Dirinya memastikan bakal mendahulukan pengisian kepala sekolah yang ada di pinggiran atau desa pelosok hutan. Kokok, sapaan akrabnya, mengingatkan jati diri seorang guru. Sehingga harus siap dan bersedia ditempatkan dimana saja.

"Mengajar anak-anak di kota itu biasa, tapi mengajar anak-anak di wilayah pinggiran atau desa pelosok itu baru luar biasa. Bisa mengajak mereka rutin masuk sekolah saja sudah hebat, apalagi membuat mereka berprestasi," katanya.

Dalam sambutannya pada seminar nasional pendidikan dengan tema “Menjadi Sosok Guru Idola di Era Milenial", Ia juga mengatakan bahwa di tahun 2018 nanti Pemkab bakal menyediakan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk beasiswa mahasiswa berprestasi tetapi kurang mampu.

Seminar tersebut dilaksanakan, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, dibuka langsung oleh Bupati Djoko Nugroho, dengan dihadiri ratusan peserta. Adapun pengisi seminar adalah Munif Chatib seorang trainer pendidikan yang menjabat sebagai Direktur School of Human dari Cibubur Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora, Achmad Wardoyo, melalui Sektretarisnya Sugiyanto, menyatakan, bahwa seminar tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, Kepala UPTD TK/SD, IGTKI, PAUD yang jumlahnya kurang lebih 500 orang.

“Hadir pula jajaran Dewan Pendidikan dan Komisi B DPRD Blora yang membidangi tentang Pendidikan,” ujarnya. (ams)

 

 

Dibaca : 110x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan