Selasa, 25 September 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pengasapan Ikan di Kampung Warna Tuban Terbakar

Editor: samian
Jum'at, 13 April 2018
Ali Imron
KEBAKARAN : Tim Damkar bersama warga Karangsari berusaha memadamkan api.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Sebuah tempat pengasapan ikan di RT 3, RW 3 Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Jawa Timur, atau kampung warna terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, tapi kerugian material diprakirakan mencapai Rp3 juta.

"Kejadian kebakaran ini terjadi sekitar pukul 13:24 WIB," ujar pemilik pengasapan ikan, Yuli, kepada suarabanyuurip.com, Jumat (13/4/2018).

Seperti biasa, selepas siang menjelang sore Yuli mulai mengasapi ikan yang dijual langsung di tepi Pantura Jalan Panglima Sudirman Tuban. Saat ditinggal sebentar untuk mencuci ikan yang mau diasap bersama suaminya, tiba-tiba api yang telah menyala tadi membesar.

Saat itupun pemilik pengasapan panik, dan meminta tolong kepada warga sekitar untuk menghubungi Petugas Damkar Tuban. Tak butuh waktu lama, tim Damkar yang stay di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo langsung meluncur ke lokasi.

Data dari tim Damkar, tim meluncur dengan membawa dua unit mobil pemadam. Sesampainya di lokasi tim melakukan penanganan dan melihat kondisi yang sempit serta ruang yang sudah di penuhi api, sehingga tidak memungkinkan untuk pemadaman melalui jalur depan.

Atas koordinasi cepat, tim langsung melakukan upaya pemadaman melalui cerobong asap dengan menaiki tangga. Beruntung tim datang tepat waktu dan penanganan cepat dan tepat, api berhasil di padamkan sekitar pukul 13.50 WIB. Sekaligus bisa meminimalisir kerugian baik korban maupun tetangga korban.

Untuk kerusakan rumah yang dihuni empat orang ini meliputi, genteng, cerobong udara, dan dapur yang menjadi tempat pengasapan ikan. Untuk penyebab sementara, diduga murni kelalaian pemilik usaha pengasapan ikan.

Sebatas diketahui, Kelurahan Karangsari waktu lalu telah diresmikan oleh Bupati Tuban, Fathul Huda menjadi kampung warna pertama di Bumi Wali (sebutan lain Tuban). Sekalipun sudah diplot menjadi destinasi wisata, tapi belum ada fasilitas penanganan kebakaran secara cepat.(aim)

Dibaca : 689x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan