Pengurus PKB Dicoret dari Anggota PPK

Kamis, 14 Maret 2013, Dibaca : 1689 x Editor : nugroho

edy purnomo
TANDA TANGAN : Anggota KPU Tuban menandatangani berkas pelantikan anggota PKK di Asrama Haji.


SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Anggota Penyelenggara Pemilu Kecamatan (PPK) Kabupaten Tuban, Jawa Timur disusupi salah satu anggota pengurus Partai Politik (Parpol). Dia adalah Syaifuddin, anggota parpol aktif dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kecamatan Bancar.

Terungkapnya masalah ini, berawal dari laporan pengurus PKB sendiri. Laporan diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban sehari sebelum pelantikan yang dilakukan, Kamis (14/3/2013). Akibatnya, Syafudin, dicoret sebagai anggota PPK karena pengurus Parpol dilarang menjadi anggota PPK.

Baca Lainnya :

    “Sebelum pelantikan kemarin, Pak Muntaha, Dewan Syuro PAC PKB Bancar datang ke KPU bersama anggota pengurus lain melaporkan masalah ini,” terang Divisi Pencalonan dan Kampanye KPU Tuban, Wasis Susilo.

    Selanjutnya, KPU kembali melakukan pengecekan daftar anggota PPK yang akan dilantik. Hasilnya, setelah dilakukan pencocokan data berupa alamat dan tanggal lahir beberapa kali. Diketahui, Syaifuddin, terdaftar di KPU dengan nama Muhammad Syaifuddin, menjabat sebagai wakil sekretaris PAC PKB Kecamatan Bancar.

    Baca Lainnya :

      “Saat mendaftar kembali menjadi anggota PPK, dia hanya menggunakan Syaifuddin sehingga tidak ada saat dicek dalam daftar nama pengurus parpol,” tandasnya.

      Dalam wawancara, Syaifuddin juga mengaku tidak sebagai anggota aktif dalam satu parpol. sehingga setelah mengalami serangkaian tes, pria ini lolos dan nyaris akan dilantik bersama 99 anggota PPK lain hari ini, di Gedung Asrama Haji, Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Tuban.

      “Dalam wawancara juga mengaku bukan anggota partai,” tambah Wasis.

      Mengetahui itu, Syaifuddin langsung dicoret menjadi anggota PPK Tuban. Rencananya, KPU akan membuka satu lowongan lagi anggota PPK khusu untuk Kecamatan Bancar. Diketahui, 99 anggota PPK hari ini dilantik di Gedung Asrama Haji Tuban. Rencananya, anggota PPK ini akan disebar ke 20 Kecamatan yang ada di Tuban. Sehingga untuk satu Kecamatan akan terisi dengan 5 anggota PPK. (edp)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more