Kamis, 20 September 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Penyandang Disabilitas Partisipasi Simulasi Pilgub di Pujasera Tuban

Editor: samian
Rabu, 13 Juni 2018
Ali Imron
ANTUSIAS : Simulasi pemungutan dan penghitungan suara melibatkan penyandang disabilitas Tuban.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Simulasi Pilgub Jawa Timur yang digelar KPU Kabupaten Tuban, di Pujasera kawasan GOR Tuban pada Rabu (13/6/2018) sore terbilang sukses. Animo masyarakat yang ngabuburit menunggu buka puasa luar biasa, dan penyandang disabilitaspun ikut berpartisipasi.

"Simulasi semacam ini sangat bermanfaat bagi penyandang disabilitas Tuban," ujar Ketua Organisasi Disabilitas (Orbit) Tuban, Vira Fitria, saat dikonfirmasi suarabanyuurip.com, usai meninggalkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan oleh PPK Kecamatan Tuban.

Perempuan yang menjadi relawan demokrasi KPU Tuban ini, menilai simulasi ini cukup representatif. Lebih sempurna lagi, jika ada kemudahan akses khusus disabilitas yang menggunakan kursi roda sepertinya.

Setelah turun dari becak, Vira mendapatkan bantuan dari petugas Linmas yang berjaga. Untuk menaiki dua anak tangga, dia beserta kursi rodanya harus diangkat oleh beberapa petugas. Akses seperti inilah, yang diharapkan kedepan bisa disediakan oleh KPU Tuban.

Peserta lain yang ikut simulasi, Evi Astuti (41), asal Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tuban, menilai apa yang dilakukan KPU menjelang Pilkada Jatim sudah sesuai tupoksinya. Selain melatih masyarakat, juga mengedukasi pemilih pemula yang tahun ini baru bisa menggunakan hak pilihnya.

"Karena tahu ada simulasi, anak saya yang usinya baru 17 tahun saya ajak," jelas Evi.

Devisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Tuban, Yayuk Dwi Agus Setyorini, sengaja memilih GOR sebagai lokasi simulasi karena selalu ramai saat menjelang buka puasa. Simulasi pertama ini diharapkan, mendorong masyarakat mendatangi TPS yang ada di wilayahnya.

"Adanya simulasi ini minimal masyarakat tahu mekanisme Pilgub Jatim yang digelar pada 27 Juni mendatang," imbuh Yayuk.

Sekalipun simulasi ini diperuntukkan bagi masyarakat umum, tapi Yayuk menarget banyak pemilih pemula yang terlibat. Pada setiap momen kegiatan, KPU melibatkan 200 sampai 300 orang.

Untuk fasilitas bagi penyandang disabilitas, KPU sudah menyiapkan skema pada hari H pencoblosan. Selain personel yang selalu siaga, dipastikan para disabilitas tetap nyaman dalam menyalurkan suaranya untuk memilih Gubernur Jatim beserta wakilnya lima tahun mendatang.(Aim)

Dibaca : 569x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan