Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Penyelesaian TKD Gayam Harus Bijak

Editor: samian
Jum'at, 27 November 2015

SuaraBanyuurip.com - Athok Moch Nur Rozaqy

Bojonegoro -‎  ‎Sejumlah warga Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mempunyai pendapat sendiri terkait‎ polemik tukar guling Tanah Kas Desa (TKD) Gayam yang hingga saat ini belum terselesaikan.

Seperti yang diungkapkan, Warga Desa Gayam, Waji. Dia mengatakan, sebagai warga biasa, dia ‎tidak mempersoalkan siapapun yang memenangkan tender pengadaan lahan TKD nantinya.

"Yang terpenting adalah tanahnya berupa lahan sawah bukan berupa tegalan," ungkapnya kepada suarabanyuurip.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, lahan pengganti harus sesuai aturan yang ditentukan. Baik mulai dari keabsahan surat kelengkapan tanah, harga, ketersediaan air, hingga masalah administrasi lainnya.

"Tentunya bertujuan agar tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari," tandasnya.

Menurut dia, tanah TKD tidak hanya untuk saat ini saja. Melainkan juga untuk generasi penerus mendatang. Oleh karena itu, dalam penyelesaiannya harus diperlukan dengan pemikiran, dan keputusan yang bijak. 

"Anak cucu kita juga harus dipikirkan. Bagi saya, lokasinya dimana saja tidak masalah, terpenting masih di wilayah Kecamatan Gayam," kata warga ring satu proyek Banyuurip, Blok Cepu ini.

Warga lain, ‎Supar, lebih mempercayakan kepada Pemerintah Desa (Pemdes). Artinya, lahan yang mana yang disetujui dari lahan yang disiapkan oleh peserta lelang.

"Intinya, lokasi mana yang diminati desa, sesuai aturan yang ditentukan, dan kedepan tidak ada muncul permasalahan," sambungnya.

"Lahannya harus berupa sawah lah, dan bukan lahan kering atau tegalan," pungkasnya.

Untuk sebagai catatan, proses TKD Gayam seluas 13,2 hektar ini sudah berlangsung tiga tahun lebih sejak enam item masalah sosioekonomi diteken bersama antara sejumlah Pemdes sekitar Lapangan Minyak Banyuurip dengan BP. Migas yang saat ini berganti nama menjadi SKK Migas. (Roz)

Dibaca : 617x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan