PEPC Sosialisasikan Program Kesehatan Serentak di 4 Desa Wilayah Operasi

Jum'at, 18 Oktober 2019, Dibaca : 337 x Editor : rozaqy

Ist/PEPC
PEDULI : PEPC, operator JTB mengkampanyekan kesehatan secara preventif di Wilayah Operasi JTB


SuaraBanyuurip.com - Edy Supra Eko

Bojonegoro– Posyandu sebagai kegiatan masyarakat di bidang kesehatan, merupakan wadah untuk mengkampanyekan kesehatan secara preventif dan edukatif. Keaktifan para kader posyandu sebagai petugas promosi kesehatan sangat diperlukan. 

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai Operator Proyek Strategis Nasional (PSN), PT Pertamina EP Cepu melakukan upaya kontribusi pada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasi.

Baca Lainnya :

    Program SEHATI atau Sehat Ibu Anak Tercinta merupakan program yang telah diinisiasi pada 2017 silam, menunjukkan tingkat intensitas yang tinggi tentang keberadaan Posyandu.

    Pendampingan yang dilakukan oleh mitra kerja, Paratazkia menunjukkan bahwa status Posyandu masih berada pada status Pratama, atau pelayanan posyandu dengan 5 meja masih sangat tergantung tenaga kesehatan setempat dengan sarana prasarana yang belum ideal. 

    Baca Lainnya :

      Berangkat dari pendampingan tersebut, PEPC tergerak untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu dalam mengelola dan melaksanakan pelayanan Posyandu. Sehingga diharapkan dapat berkembang menjadi Posyandu Madya, Posyandu Purnama dan Posyandu Mandiri. 

      Pada hari Kamis, tanggal 17 Okober 2019, bertempat di Desa Dolokgede, Bandungrejo, Pelem dan Kaliombo, PEPC mensosialisasikan kegiatan Program SEHATI, yang dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) bersama para Kader Posyandu dan tenaga kesehatan setempat.

      Bermitra dengan LSM Paratazkia, PEPC mendukung peningkatan Posyandu di sekitar wilayah operasinya untuk mewujudkan pelaksanaan posyandu yang sistematis dan pengelolaan manajemen yang baik. Serta mendukung proses integrasi dengan kebijakan Pemerintah Desa. 

      Kunadi selaku JTB Site Office & PGA Manager PEPC mengatakan bahwa Program SEHATI merupakan salah satu contoh wujud peduli PEPC dalam bidang kesehatan. Yang menjadi sasaran program kali ini adalah para kader posyandu, serta para orang tua balita. 

      “Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyikapi penurunan status gizi balita di desa, makanya kami melibatkan secara aktif para orang tua balita,” tambah Kunadi dalam rilis yang diterima Suarabanyuurip.com Jum'at (18/10/2019).

      Sementara dari pihak Desa Bandungrejo, yang diwakili oleh Yuswanto, Kasi Pemerintahan mengatakan bahwa dengan adanya Program SEHATI dari PT Pertamina EP Cepu ini, ibu-ibu Kader Posyandu di desa dapat terus meningkatkan kemampuannya dalam menyelenggarakan pelayanan Posyandu demi pertumbuhan dan perkembangan putra-putri generasi masa depan.

      Dalam kegiatan yang diselenggarakan di 4 (empat) Desa tersebut, juga dihadiri oleh Isnaniatin, Kabid TU PKM Ngasem, Ns. Khoifin, M.M.Kes, Ketua PKM Tambakrejo, Tutuk, Wakil Kasi Promosi Kesehatan PKM Purwosari.

      Sementara dari Pertamina EP Cepu, diwakili oleh Edi Arto dan Subiyanto dari Public Government Affairs. Dalam kesempatan tersebut, PEPC menyerahkan bantuan perlengkapan posyandu, perlengkapan kelas Ibu, peralatan penunjang pembuatan makanan tambahan. 


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more