Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Perajin Batik Blora Dilatih Tingkat Lanjut

Editor: nugroho
Sabtu, 29 November 2014
ahmad sampurno
SEMANGAT : Perajian Batik Blora sedang mengikuti pelatihan tingkat lanjut yang dilaksanakan MCL bersama LSM Mitra Sejati.

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Operator migas Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) memberikan pelatihan membatik tingkat lanjut kepada 15 kelompok pembatik yang ada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.  Pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas batik Blora agar mencapai standarisasi nasional.

Anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mitra Sejati, Penanggung Jawab Pelatihan, Heri Tursilo, menuturkan, pelatihan batik yang diberikan ini berkerjasama antara EMCL dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) dalam upaya pengambagan batik Blora.

“Kami sebagai pendamping, berupaya untuk mengawal Batik Blora mencapai pada Standarisasi Nasional,” katanya, Jum’at (28/11/2014) kemarin.

Dia menjelaskan, pelatihan tingkat dasar telah diberikan beberapa tahun lalu pada para pembatik. "Sebelumnya belum memperhatikan kualitas, karena hanya tingkat dasar,” tegas Heri.

Pelatihan batik ini dilakukan selama tiga hari, Jum'at hingga Minggu (28 – 30/11/2014) di Desa Medalem, Kecamatan Kradenan. Dalam pelatihan ini, LSM Mitra Sejati menggandeng instruktur batik kelas nasional uyang telah memiliki sertifikasi batik standar nasional.

“Kami menggandeng Batik INDIGOVERA Semarang, yang saat ini mencoba memberdayakan masyarakat di Desa Medalem,” kata Heri.

Juru bicara EMCL, Rexy Mawardijaya dikonfirmasi melalui, Slamet Rijadi, mengaku, bahwa EMCL telah membantu mengembangkan Batik Blora. Dia berharap, batik Blora bias terus dikembangkan dan digiatkan lagi.

“Semoga ada efek ekonomi bagi masyarakat sekitar,” sambung Slamet saat menghadiri pelatihan.

Pelatihan batik lanjutan ini merupakan kelanjutan pelatihan tingkat dasar yang dilakukan EMCL pada tahun 2012 lalu. Pelatihan ini mendapat apresiasi Pemerintah Kecamatan Kradenan.

“Semoga upaya membatik ini bisa menumbuhkan ekonomi kreatif dan bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga,” kata Sekretaris Kecamatan Kradenan, Darnoto.(ams)

Dibaca : 1032x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan